Pahawang Ecotourism Festival 2017 Berlangsung Meriah

0
90
(Foto istimewa)

Pesawaran (PBO)-Pemerintah Kabupaten Pesawaran bekerjasama dengan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, menggelar Pahawang Ecotourism Festival 2017. Ini sebagai salah satu upaya promosikan destinasi wisata di Pesawaran.

Dengan digelarnya festival bertemakan Pahawang Sejuta Warna ini dapat menjadi ajang nasional yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bumi Andan Jejama dan dapat mendorong Provinsi Lampung menjadi destinasi unggulan tingkat nasional, serta memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran.

“Saya atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya Pahawang Ecotourism Festival 2017 ini, yang merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempromosikan destinasi pariwisata Pesawaran kepada wisatawan,” ujar Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona pada pembukaan Pahawang Ecotourism Festival 2017, Minggu (26/11).

Pada kesempatan tersebut Dendi mengatakan, pariwisata merupakan salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya alam non migas yang menjadi sumber pendapatan penduduk dan negara yang tidak sedikit jumlahnya. Oleh karena itu, sudah selayaknya pemerintah daerah bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakatturut berperan aktif dalam mengembangkan sektor pariwisata yang ada.

“Khususnya di Kabupaten Pesawaran sebagai salah satu daerah yang di anugrahi potensi pesona keindahan alam, baik di perairan maupun di daratan,” kata Dendi.

Dalam pengembangan pariwisata perlu dilakukan langkah kongkrit dan terpadu, diantaranya melalui upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas fasilitas di obyek wisata, menjaga keasrian dan kelestarian obyek wisata, menjaga keamanan dan kenyamanan obyek wisata agar para wisatawan merasa betah dan aman selama tinggal di daerah obyek wisata. “Selain itu, mendirikan lembaga-lembaga pendidikan yang berhubungan dengan kepariwisataan untuk mencetak tenaga terdidik dan terlatih dalam bidang pariwisata, meningkatkan prasarana dan sarana transportasi yang memperlancar perjalanan menuju obyek wisata, meningkatkan kualitas cinderamata yang akan dibeli oleh para wisatawan, dan memasyarakatkan program sapta pesona pariwisata, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah,” tambahnya.

 Selanjutnya diperlukan peran aktif dari seluruh komponen lapisan masyarakat guna mewujudkan Pesawaran menjadi daerah tujuan wisata yang memiliki magnet tersendiri di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung yang pada akhirnya baik secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan penerimaan pendapatan bagi pemerintah daerah.(Rls)