LSM LIPAN Tuding, Oknum Kades Mada Jaya Diduga Palsukan Ijazah

0
403
LSM LIPAN Tuding, Oknum Kades Mada Jaya Diduga Palsukan Ijazah (Foto Istimewa)

Pesawaran ( Duta Lampung Online)-Ketua LSM Lembaga Independen pemantau Anggaran negara (LIPAN) Kabupaten Pesawaran, Sumara, minta kepada aparat penegak hukum mengusut hingga tuntas dugaan pemalsuan Ijazah paket B yang dilakukan oleh Kepala Desa Mada Jaya, Kecamatan Way Khilau, kabupaten setempat, Pajaruddin.

Diduga Foto copy Ijazah Palsu (Foto Istimewa)
Diduga Foto copy Ijazah Palsu (Foto Istimewa)
Terungkapnya kasus ini berawal dari pengakuan  Ketua LSM LIPAN, Sumara saat dikonfirmasi oleh Pena Berlian.com, pada Selasa (3/1/2017).
Sumara mengatakan jika ijazah milik oknum Kades Mada Jaya diduga palsu. Dia juga mengatakan dugaan tersebut diperkuat dari pemilik ijazah yang di beli oleh oknum kades tersebut.
“Ijazah itu terlihat palsu dari tulisannya dan juga pernyataan dari orang yang dibeli ijazahnya. Jadi dia (Pajaruddin) membeli ijazah orang lain sebesar Rp750 ribu,”ungkap,Sumara.
Terkait pengguna ijazah milik orang lain oleh Kades Mada Jaya, DPD LIPAN Pesawaran sudah memberikan informasi ke Polres Pesawaran yang ditujukan ke Kapolres, Kasat Intel, Kasat Reskrim dan diterima langsung oleh Ipda Sunaryo pada 19 Desember lalu.
“Saya minta kepada Polres Pesawaran, segera mengusut hingga tuntas dugaan ijazah palsu yang dipergunakan oleh Kades Mada Jaya. Jika terbukti dirinya bersalah, saya minta agar dihukum seberat mungkin alias di jebloskan kepenjara,”tegasnya.
Terpisah, seperti dilansir dari Bongkar Pos, pada Senin (2/1/2017), Camat Way Khilau, Ahmad Rosani mengatakan bahwa kasus ijasah kadesnya sudah ditangani Inspektorat.
“Sekarang ini lagi diproses Inspektorat, kita nunggu LHP nya. Setelah ada LHP baru kita menindaklanjuti isi LHP tersebut,” ungkapnya.
Jika terbukti bersalah, Camat baru akan melapor ke pimpinan.
“Nanti berdasar LHP itu baru lapor ke pimpinan (Bupati, red), karena itu bukan wewenang dari Camat untuk mencopot jabatan kades,” tandasnya (*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY