Nunik Tinjau Wisata Alam Danau Kali Kawat

0
587

LAMPUNG TIMUR, (Duta Lampung) – Bupati Lampung Timur, Chusnunia di damping asisten 2, Junaidi, Kadis Pariwisata, Kadis PU, Sahmin Saleh pada Rabu (05/04), meninjau potensi wisata alam Danau dam kali kawat beringin indah yang terletak di desa Negara nabung Kota Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Dia ingin melihat kendala-kendala apa saja yang dihadapi.

Bupati berencana ke depan, bersemangat untuk mempercepat pengembangan dam kali kawat sebagai sektor pariwisata dalam proses penguatan pengunjung agar mengunjungi wisata dam kali kawat beringin indah.Selain tempat wisata lain yang ada di kabupaten lampung timur, dam kali kawat beringin indah termasuk wisata unggulan lampung timur, tetapi pertumbuhannya tidak signifikan dari tahun ke tahun.

Karena itu dam kali kawat beringin indah harus direvitalisasi, ditata ulang, dipoles dengan sentuhan baru, agar cepat berkembang. Danau ini sangatlah potensi dan juga ditopang oleh keaktifan masyarakat dalam pengelolaan  objek wisata melalui pembentukan kelompok sadar wisata, ini sangat kita apresiasi.

wisata dam kali kawat beringin indah
wisata dam kali kawat beringin indah

Potensi wisata itu butuh promosi dan keamanan secara terus menerus agar wisatawan baik lokal maupun manca negara datang berkunjung menikmati keindahan alam danau ini. Baik itu wisata dan memancing, menikmati pemandangan air danau. Menuju tempat wisata ini bisa bisa menggunakan sepeda motor atau bisa juga menggunakan mobil, sarana menuju objek wisata ini adalah sarana jalan dan fasilitas sudah cukup memadai.

Potensi wisata alam Danau dam kali kawat beringin indah memiliki pesona yang mengagumkan, Keistimewaan Danau wisata ini pengunjung ke sana gratis alias tidak dipunggut biaya. Danau dan hutan begitu asri dan alami meskipun airnya berwarna hitam jernih. Di sinilah alam dibentangkan dengan cantiknya tanpa banyak terjamah, liar sekaligus menentramkan batin.

Chusnunia mengatakan, Pengembangan objek wisata sangat penting dilakukan promosi dan keamanan yang terjamin. Program peningkatan wisata tentunya tidak terlepas dari kesiapan warga lainnya dalam mengembangkan sektor wisata. Itu semua perlu kerja keras dan bergotong – royong bersama-sama tidak sendiri mengerjakan objek wisata. Sebab, pengembangan sektor objek wisata memberikan efek ekonomi masyarakat sekitar.

Sekarang ini objek wisata pengelolaan belum maksimal. Sehingga, perlu disiapkan lebih agar pengunjung ramai  datang kembali. Apalagi ada pengaruh besar pertumbuhan sektor pariwisata di masyarakat seperti pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,”kata Chusnunia.

Chusnunia menuturkan, terlepas dari itu dalam menggali dan mengembangkan potensi wisata di wisata alam Danau dam kali kawat beringin indah dirinya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mempromosikan objek wisata yang ada. Terutama dengan menjaga keamanan dan kebersihan disekitar tempat wisata tersebut. Sehingga, dengan begitu maka dapat menarik minat tidak hanya masyarakat lampung timur saja akan tetapi diluar daerah lainnya. Sebab, bila tempat wisata alam Danau dam kali kawat beringin indah dapat berkembang maka otomatis akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama yang berada dilingkungan wisata tersebut,” tutur Chusnunia. (hms)