Meski Ditutup peternak Domba di Sumedang Tetap Berjualan

0
34

Sumedang, (Duta Lampung Online) – Adanya penutupan pasar hewan Tanjungsari selama sebulan kedepan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Sumedang, tak dihiraukan para peternak dan pedagang hewan ternak. Buktinya, pada Sabtu (28/5/2022) masih ada pedagang yang nekad menjajakan di lokasi pasar hewan Tanjungsari,Sumedang.

Pantauan Tim media Meski pasar hewan Tanjungsari ditutup namun pedagang tetap berjualan dengan alasan kepalang tanggung. Peternak juga menyebut penutupan pasar hewan minim sosialisasi.

Habis mau gimana lagi, tanggung udah ke sini bawa hewan sewa mobil kolbak. Kalau balik lagi kan rugi sudah sewa mobil,” kata Dadang peternak domba.

Menurut Dadang, adanya penutupan pasar hewan jelas memutus mata pencaharian peternak dan pedagang hewan ternak seperti domba dan sapi. Apalagi menjelang lebaran idul adha pesanan hewan ternak biasanya meningkat. Dia berharap kasus penyakit PMK pada Hewan lekas musnah dari bumi.

Sebetulnya yang terserang PMK adalah sapi di Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor. Namun, kenapa berdampak ke semua peternak. Apalagi di pasar Tanjungsari hanya domba saja yang dijual, kalau sapi jarang,” ujarnya.

Pemerintah Ambil Langkah dan Kebijakan Agar Tidak Merugikan Petani dan Peternak Hewan. Dadang berharap pemerintah melalui dinas terkait segera mengambil langkah dan kebijakan agar tidak merugikan petani dan peternak hewan. Termasuk mereka yang ikut menikmati atau mencari rejeki di penjualan hewan seperti calo dan tukang parkir di pasar hewan Tanjungsari.

Kalau bisa mah pasar dibuka saja, tapi sebelum pedagang masuk diperiksa dulu oleh petugas. Hewan yang sakit atau ada indikasi PMK jangan dimasukan ke dalam pasar, suruh balik lagi. Kan kalau ini hewan yang sehat juga tidak bisa dijual, efeknya, harga jual hewan ternak akan turun,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, adanya indikasi hewan ternak terjangkit sakit dengan gejala sakit yang mirip penyakit mulut dan kuku (PMK) semakin meningkat. Dinas Peternakan dan Pertanian (Disnakkan) Kabupaten Sumedang menutup pasar hewan Tanjungsari untuk sementara. (Asep dira)