Maraknya Pertambangan Peti di Malawi, Mohon APH Tindak Tegas

0
49

Melawi, (Duta Lampung Online) – Maraknya aktivitas pertambangan emas di kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, diduga tak berizin rusak lingkungan serta resahkan masyarakat.Akibat pertambangan yang diduga dilakukan oleh sejumlah oknum didarat maupun dialiran sungai Melawi dan Pinoh membuat air berubah lumpur serta berubah berwarna coklat kekuning-kuningan.

Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan ketua umum Humanika serta Duta News TV Dalam kegiatan investasi terdapat beberapa titik objek lokasi yang menjadi tempat lokasi aktivitas Peti di kabupaten Melawi. Bahkan alat untuk pertambangan emas tersebut juga ada dimiliki oleh beberapa oknum ASN dan kepala desa serta aparat.

Seperti berdasarkan pantauan pertambangan yang ada di Ella Hulu, berdasarkan informasi pertambangan tersebut milik salah satu oknum kades. Dalam penggalian tambang emas tersebut oknum kades juga memggunakan alat berat sehingga merusak lingkungan dan ekosistem daerah tersebut.

Terpisah Ketua Umum Humanika, Muhammad Ardianto mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba) para oknum tersebut telah melanggar peraturan yang berlaku.

“Seharusnya seorang kades harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakatnya, bukan malah turut membantu melakukan pengrusakan lingkungan, alam dan ekosistem yang ada di tempat tersebut,”ujarnya pada Kamis (26/5/2022).

Dia menegaskan sebagai sosial control dan lembaga bantuan hukum dirinya berharap kepada pemerintah daerah kabupaten Melawi serta aparat kepolisian resort Melawi untuk melakukan tindakan tegas terhadap para oknum kades, PNS, kepolisian dan TNI yang kiranya memiliki alat PETI dan turut membantu melakukan pengrusakan alam dan ekosistemnya segera ditindak dan Jangan ada tebang pilih,” tegasnya.

“Sekali lagi kami harap keseriusan pemerintah dan kepolisian resort Melawi untuk memberantas ilegal Mining di wilayah hukum polres Melawi,” pungkasnya.(Tim).