Mak Rupi’ah, 6 Bersaudara Idap Parkinson

0
11

Pati, ( Duta Lampung Online) – Viral di lansir dari Kita Bisa dari 6 bersaudara, hanya Mak Rupi’ah (55), satu-satunya yang masih sanggup berjalan dan bekerja.  (2/7/2022)

Setiap hari Mak Rupi’ah merawat kakak dan adiknya mulai dari memasak, menyuapi makan, mandi, hingga membersihkan kotoran saudaranya.

Mak Yayah (61) adalah anak tertua dan sampai hari ini hanya mampu terbaring di atas lantai kayu karena tubuhnya kian mengurus dan kaki mengalami kelumpuhan. Hampir sama dengan Mak Yayah, Mak Patimah (59) mengalami pembengkakan kaki hingga tak mampu berjalan.

Pak Omo (46) tak bisa mengendalikan kedua tangannya yang tremor. Pak Saepudin (43) sesekali membantu menyiapkan kayu bakar, meski tubuhnya sering bergetar. Mak Salamah (51) sesekali ikut membantu Mak Rupi’ah untuk membersihkan rumah dan mengurus saudaranya, meski terkadang harus tertatih-tatih.

Jangankan untuk berobat, untuk makan sehari-hari saja sudah terasa sulit. Apalagi sekarang Mak Rupi’ah sudah tak sanggup bekerja karena pengaruh usia. Makan pun mereka hanya nasi dicampur garam. Jika tak ada apapun, mereka harus rela hanya minum air putih.

Melalui pemberitaan ini marilah kita bantu perjuangan keluarga lansia yang mengidap penyakit Parkinson ini. (*) (Sholihul)