Longsor di Dua Kabupaten

0
76

Lampung Barat(DLO)-  Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat memicu terjadinya longsor di empat titik. Dua titik di jalur Sukabumi-Suoh, tepatnya Pemangku Hamladangan. Satu di jalur lintas barat (jalinbar) Pal Delapan di Pekon Labuhanmandi, Kecamatan Waykrui. Terakhir, Pal Sembilan wilayah Pekon Labuhanmandi.

Meski tidak ada korban jiwa, material longsor menutup seluruh bahu jalan sehingga mengganggu satu-satunya akses penghubung antarkecamatan. Longsor di Pemangku Hamladangan diperkirakan terjadi Minggu malam (7/5). Material longsoran diikuti tumbangnya beberapa pohon.

”Kami sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar segera membersihkan longsoran. Karena ketinggian longsor mencapai lima meter dengan lebar tujuh meter,” ujar Camat Batubrak A. Muzammil  saat meninjau lokasi, kemarin (8/5).

Terpisah, Kepala BPBD Maidar mengatakan pihaknya telah menerima laporan. Selanjutnya proses pembersihan segera dilakukan. Diperkirakan tidak berlangsung lama karena meskipun material longsor menutupi seluruh badan namun tidak terlalu tebal.

”Kami akan segera menurunkan alat berat ke lokasi untuk mempercepat evakuasi. Pembersihan itu juga disertai dengan penyemprotan air, agar sisa-sisa tanah longsoran tidak licin,” terangnya.

Sementara, hujan lebat menyebabkan badan jalinbar di Pekon Labuhan Mandi, Waykrui, Pesisir Barat (Pesbar) ditutupi longsoran material tanah dan pohon setinggi sekitar 10 meter dengan lebar delapan meter.

Kepala BPBD Pesbar Syaifullah menjelaskan, Satuan Pelaksana (Satlak) BPBD telah turun ke lokasi kejadian. Mereka membersihkan material longsoran sehingga tak lama jalur dimaksud bisa dilalui. Mereka memakai alat berat milik PT Subanus yang sedang memperbaiki jalur penghubung Liwa-Krui.

Selain longsor di pal delapan itu, kejadian serupa juga terjadi didaerah Pal Sembilan wilayah Pekon Labuhan Mandi. Namun material tidak terlalu besar dan masih dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.(*)