Lampung Timur Jadi Tuan Rumah Bela Negara

0
0

LAMPUNG TIMUR, (Duta Lampung Online) – Kabupaten Lampung Timur akan menjadi tuan rumah apel bela negara sekaligus pengukuhan dan pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa se-Provinsi Lampung.

“Lampung Timur akan menjadi tuan rumah apel bela negara sekaligus pelantikan pengurus cabang dan anak cabang PSNU Pagar Nusa se-Provinsi Lampung pada Selasa (31/5),” ujar Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Apel Bela Negara PSNU Kabupaten Lampung Timur, Akmal Fathoni, seperti dilansir dari Antaralampung.com, Minggu (29/5).

Menurut Akmal yang juga Ketua Komisi IV DPRD Lampung Timur dari Fraksi PKB itu, apel bela negara tersebut akan diikuti 10.000 pendekar dari PSNU Pagar Nusa se-Provinsi Lampung yang akan digelar di Lapangan Merdeka Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur, Selasa (31/5).

Rencananya, apel akan dihadiri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Ketua Pusat Ikatan Pencak Silat NU (PSNU) Pagar Nusa Ajengan Mimih Hoiruman, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, dan Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari.

“Agenda apel tersebut adalah penguatan ideologi negara bahwa anggota Pagar Nusa NU siap untuk membela NKRI, mengingat NKRI harga mati,” katanya lagi.

Nama lengkap organisasi ini adalah Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa disingkat PSNU Pagar Nusa, sedangkan makna dari pada Pagar Nusa sendiri adalah Pagar NU dan Bangsa.

PSNU Pagar Nusa adalah satu-satunya wadah yang sah bagi organisasi pencak silat di lingkungan Nahdlatul Ulama.

Organisasi ini berstatus lembaga milik Nahdlatul Ulama yang penyelenggaraan dan pertanggungjawabannya sama sebagaimana lembaga-lembaga NU lainnya. (*)