Lampung Mengaji 99 Upaya Meraih Berkah

0
0

BANDAR LAMPUNG – Duta Lampung Online (DLO) – Kanwil Kemenag Lampung sangat mendukung Program Lampung Mengaji yang digelar oleh Polda Lampung. Kepala Kanwil Kemenag Lampung Suhaili mengatakan Lampung Mengaji 99 merupakan program Kapolda Lampung Brigjen Pol Ike Edwin yang didukung organisasi keagamaan seperti NU, Muhammadiyah, serta sejumlah organisasi lintas agama di Lampung.

“Ini murni inisiatif Pak Kapolda. Beliau ingin bulan Ramadan ini meriah seperti layaknya tahun baru nasional ramai dengan petasan. Maka, bulan Ramadan ini diramaikan dengan mengaji atau khatam Alquran,” kata Suhaili saat ditemui diruang kerjanya, seperti dilansir lampost.co, Senin (6/6/2016).

Menurut dia, program yang akan dimulai besok (7/6) ini merupakan yang pertama di Lampung dan menjadi sejarah. Selanjutnya, dari aspek manfaat sangat jelas. Dalam hadis Rasulullah dijelaskan Ramadan merupakan bulan yang agung, bulan penuh berkah, dan bulan pengampunan bertabur rahmat.

“Program ini melibatkan semua komponen, bahkan umat beragama lain, seperti Hindu, Buddha, Kristen, Katolik, dan Konghuchu yang membantu menghidangkan dan membagikan takjil atau makanan untuk buka puasa yang disediakan Kapolda,” ujar Suhaili. Panitia juga telah melakukan pengukuran arah kiblat.

Dia mengatakan program Lampung Mengaji ini akan menjadi program rutin dan akan disebar di seluruh Kemenag kabupaten/kota.  Pada kegiatan ini, lanjut Suhaili, pihak Polda Lampung juga menggelar lomba kultum untuk anak-anak usia sekolah. Kemudian akan dipilih pemenang dari kultum tersebut juara I, II, dan III setiap malam. “Untuk juara satu akan diberi hadiah 400 ribu, juara dua 350 ribu, dan juara tiga 300 ribu”, (*).