Irjen Ike Edwin Ikuti Tahapan Ujian Psikotes Bersama 103 Capim KPK Lainnya

0
32

JAKARTA (Duta Lampung Online) – Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) Yenti Garnasih mengatakan, ratusan calon komisioner lembaga antirasuah yang mengikuti ujian psikotes akan ditantang dengan tes yang juga dilalui oleh ilmuwan terbesar abad ke-20, Albert Einstein.

“Tadi kan kita mendengarkan bahwa ada lembar-lembar yang boleh diisi semuanya, boleh juga (hanya) 10. Karena menurut perhitungan, yang mengisi semuanya hanya Albert Einstein saja,” kata Yenti di Gedung Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (28/7).

Menurut Yenti, ujian psikotes mencakup dua hal yakni tes kejiwaan dan tes kepribadian. Untuk tes kepribadian, semua peserta wajib mengisi secara keseluruhan.

“Semoga kita dapat cukup (kandidat), karena kan ini masih beberapa tahap. saya berharap semoga bisa di atas 50 orang. supaya nanti pada tahap selanjutnya anggota kita masih cukup,” jelas dia.

Untuk ujian psikotes ini, lanjutnya, wajib dilalui oleh seluruh Capim KPK. Jika tidak hadir ataupun terlambat lewat dari 15 menit maka dinyatakan gugur.

“Nanti ada (tes selanjutnya) profile assesment, tes wawancara, tes kesehatan jasmani, greeting individual, masih beberapa tes lagi, ada beberapa. Ada lima, ada tracking, kita jalan. Kita so busy you know,” Yenti menandaskan.

Pantauan Liputan6.com, para Capim KPK tampak khusyuk menjalani uji psikologi di Ruang Auditorium Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara.

Sebelumnya, dari 104 peserta yang dinyatakan lulus uji kompetensi dan maju ke uji psikologi, 9 di antaranya adalah anggota Polri, 3 orang pensiunan Polri, 7 hakim, 2 mantan hakim, 4 jaksa, serta 2 pensiunan jaksa. Sementara itu, ada pula dari unsur KPK sebanyak 14 orang, dosen 19 orang, advokat 11 orang, hingga auditor 4 orang.

Adapun tiga komisioner KPK periode 2015-2019 yang lolos tahap uji kompetensi yaitu, Alexander Marawata, Basaria Panjaitan, dan Laode M Syarief. Selain ketiga pimpinan KPK, ada juga sejumlah nama internal KPK yang lolos uji kompetensi.

Mereka adalah Plt Sekretaris Jenderal KPK Pahala Nainggolan, Penasihat KPK Mohammad Tsani Annafari, hingga Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pelayanan Masyarakat KPK, Giri Suprapdiono.

Jenderal polri aktif yang lolos capim KPK antara lain, Wakabareskrim Irjen Antam Novambar, Staf Ahli Kapolri Irjen Ike Edwin, Brigjen Bambang Sri Herwanto dari Sespim Lemdiklat Polri, serta Kepala Biro Penyuluhan Hukum Mabes Polri Brigjen Agung Makbul.

Selain itu, Irjen Dharma Pongrekun, perwira tinggi Bareskrim Polri di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Brigjen M Iswandi Hari yang ditugaskan di Kemenakertrans, dan Irjen Juansih yang kini menjabat Analisis Kebijakan Polri Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Wakil Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani, dan Kapolda Sumsel Irjen Firli Bahuri.

Sementara itu, capim KPK dari Purnawirawan Polri yang lolos dalam seleksi tahap ini adalah, mantan Kabareskrim Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar, eks Kapolda Papua Irjen Pol (Purn) Yotje Mende, dan Mantan Staf Ahli Kapolri, dan Irjen Pol (Purn) Yovianes Mahar. (Hendri/*)