Lagi, Brebes Raih Penghargaan Top BUMD Award

0
10

Brebes (Pena Berlian Online) – Perusahaan Umum Milik Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Baribis Brebes kembali meraih BUMD Award tahun 2023. Penghargaan diterima Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (5/4/23). Urip mengaku bangga dengan penghargaan yang diterima Perumda Air Minum Tirta Baribis, karena bisa menjadi pemicu bagi BUMD lainnya untuk lebih maju dan berkembang, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, Perumda Air Minum Tirta Baribis mendapat penghargaan yang hakekatnya penghargaan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Brebes,” terang Urip usai menerima penghargaan.

Untuk itu, Urip mendorong kepada jajaran manajemen Perumda Air Minum Tirta Baribis untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Dengan adanya penghargaan, maka harus ada upaya peningkatan pelayanan dan kinerja.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis Agus Isyono SE MM menjelaskan, dalam TOP BUMD Awards 2023 dinobatkan sebagai BUMD Terbaik di Indonesia level Bintang 5. Keberhasilan ini karena Tirta Baribis dinilai berhasil dalam membangun kinerja bisnis dan layanan BUMD.

Dalam penghargaan ini, Perumda Air Minum Tirta Baribis Kabupaten Brebes meraih 3 penghargaan sekaligus yaitu; TOP BUMD Awards 2023 # Perumda Air Minum-Bintang 5, TOP CEO BUMD 2023 kepada Agus Isyono SE, MM selaku Direktur Utama dan TOP Pembina BUMD 2023 kepada Urip Sihabudin SH.MH selaku Penjabat Bupati Brebes.

Salah satu keberhasilan Perumda Tirta Baribis Kabupaten Brebes yaitu mammpu meningkatkan cakupan layanan dengam melakukan sejumlah terobosan dan inovasi. Berdiri sejak tahun 1992, PDAM Tirta Baribis telah melayani lebih dari 3 dekade dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Brebes.
Di tahun 2023 ini, lanjut Agus, bertekad meningkatkan produksi air dengan relokasi Sumber Air Tuk Uleng Sirampog dan Pembangunan SPAM Bendung Kuningan yang keduangya bisa memproduksi air 200 liter/detik. Agus juga menargetkan sambungan program MBR sebanyak 4.500 sambungan.

“Sesuai dengan filisofis BARIBIS yaitu; Bersih, Adaptasi, Ramah, Integritas, Bijak, Intelektual dan Sehat, kami bertekad memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan,” pungkas Agus.

Ketua Penyelenggara M Lutfi Handayani mengatakan, mengusung tema ‘Inovasi dalam membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD’. Inovasi sangat penting bagi BUMD. Sebab, jika inovasi ditularkan, tentu mendorong BUMD lain untuk terus tumbuh.

Top BUMD Awards 2023 merupakan kelanjutan dari penghargaan serupa untuk tahun-tahun sebelumnya. Top BUMD Awards 2023 ini diikuti 208 BUMD dari total sekitar 1.056 BUMD di Indonesia. Atau meningkat 14,2%, dibanding tahun 2022 yang sebanyak 182 BUMD. (***)