Kuda Lumping, Jadi Primadona Tontonan Gratis Tanpa Narkoba.

0
158
( foto istimewa)

Lampung Tengah(DLO)-,-Kesenian  jaran kepang atau yang di sering disebut kuda lumping tradisi yang berasal dari pulau jawa kini menjadi hiburan favorit nya masyarakat suku Lampung.

Ratusan warga kampung pajar bulan kecamatan gunung sugih Lampung Tengah tumpah ruah menyaksikan kesenian kuda Lumping, dirumah salah satu warga Umi yati Kalsum warga setempat. Masyarakat terlihat merasa banyak terhibur melihat hiburan gratis yang terkadang mengudang gelak tawa penonton melihat tingkah dan ulah pemain jaranan.
Menurut Taslim (29) warga setempat, ia senang dan terbilang hoby nonton kuda lumping selain mendapat tontonan gratis hiburan ini adalah kesenian asli indonesia.
“Yang jelas bang hiburan gratis, kita lihat saja penontonnya tua muda, hampir semua warga kampung pajar bulan keluar, dari pada orgen tunggal yang di gelar dampak nya jelas gak karuan,” jelas Taslim.
Menurut Lim Kuda Lumping, untuk sudah bangkit kembali dan banyak penggemar yang suka menonton kesenian tersebut, ia juga lebih senang kalau ada warga yang hajatan mengundang kuda Lumping dari pada orgen tunggal.
“Kalau Kuda Lumping kan tontonan yang menghibur, tidak merusak, tidak ada narkoba yang akan merusak generasi bangsa, dulu sempat meredup tapi dua tahun ini Kuda Lumping sudah menjadi primadona tua muda dan siapa pun itu kita wajib melestarikan adat istiadat, seni budaya yang ada di indonesia,” tutup Taslim.(wan)