KRL Jadi Destinasi Favorit Wisata di Lambar

0
98
Foto: Istimewa

LAMPUNG BARAT, (Duta Lampung Online) –  Sesuai dengan fungsinya Kebun Raya Liwa (KRL) di Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menjadi favorit wisata masyarakat Lambar.

Diketahui, untuk kunjungan wisata saat hari biasa mencapai sekitar 200-300 orang, sementara saat akhir pekan (weekend)  jumlah kunjungan berkisar 500-1000 orang. Dan demi pemeliharaan umum, Unit Pengelola Teknis (UPT) KRL  melakukan penjadwalkan guna tertibnya para pengunjung.

Kepala UPT KRL, Sukimin mengatakan, untuk kunjungan wisata KRL dibuka untuk hari Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu, sementara Senin dan Jumat ditutup  yang dimanfaatkan  oleh pihaknya untuk melakukan kegiatan pembersihan sampah, pemeliharaan,  dan perawatan tanaman. ”Selain itu untuk kunjungan pendidikan dan penelitian dibuka pada hari dan jam kerja mulai Senin hingga Jumat,” ungkap Sukimin mendampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Tono Suparman, Senin (15/1).

“Selain menjadwalkan hari kunjungan, juga menjadwalkan waktu (jam)  yang diperkankan untuk dikunjungi,  yakni untuk kunjungan wisata dibuka pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 17.00,  sementara hari Sabtu dan Minggu dibuka jam 08.30 Wib  sampai dengan jam 17.30,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Sukimin, untuk jadwal kunjungan penelitian dan pendidikan dibuka di hari dan jam kerja Senin-Jumat.  Dan memasuki tahun 2018 ini, belum ada satupun sekolah yang melakukan kunjungan untuk kepentingan praktek lapangan atau penelitian di KRL tersebut, namun di tahun 2017 lalu ada beberapa sekolah.

Lanjutnya, berkaitan dengan masalah kebersihan dan upaya meminimalisasi kerusakan-kerusakan tanaman yang mungkin dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertangggngjawab maka petugas selalu stanby dan berpatroli di sekitar KRL. (Ist/Sl/*)