KPK Akan Buka Kantor Cabang di Tiap Daerah di Indonesia

0
392
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang

Jakarta-Guna meningkatkan pengawasan kasus korupsi di tingkat daerah, maka Komisi Pembreantasan Korupsi (KPK) berencana akan membuka kantor perwakilan didaerah daerah. Demikian yang disampaiakan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Kamis (14/7) di Jakarta.

Rencana ini, menurut Saut menanggapi adanya pidato Presiden Jokowidodo di Istana Negara saat melantik Komjen Pol Tito Karnavian menjadi Kapolri.

“Menanggapi pidato kepala negara dikaitkan upaya mengatasi mafia hukum termasuk di daerah,” ucapnya.

Saut menuturkan tahap awal KPK akan membuka kantor cabang di enam provinsi yakni Riau, Banten, Sumatera Utara, Papua, Papua Barat, dan Aceh.  “Tapi dalam perkembangannya bisa saja berubah nambah daerah lain,”  tuturnya.

Selain itu, Saut menerangkan bahwa rencana pembukaan kantor cabang ini masih harus didiskusikan dalam rapat internal partai. “Ditambah KPK juga menerima tawaran dari Jaksa Agung, HM Prasetyo untuk membuka kantor perwakilan KPK di Kantor Kejaksaan di daerah.” ujarnya.

“Perlu didiskusikan. Tawaran memakai kantor kejaksaan di daerah itu juga, karena KPK dan Kejaksaan serta Polri kan ada MoU untuk kerjasama,”  imbuhnya.

Saut menekankan nantinya kantor perwakilan KPK daerah ini akan bertempat di tiap kota besar tiap pulau seperti Sumatera utara, di Medan, Kalimantan, Balikpapan, Sulawesi, dan Makassar. (Tnc)