KM Mutiara Timur III Terbakar

0
168
KM Mutiara Timur III Terbakar (Foto Istimewa)

Bandarlampung (DLO) – Ratusan penumpang dan awak Kapal Mutiara (KM) Persada III terbakar di sebelah selatan Pulau Tunda, Kabupaten Serang, Banten, selamat lewat usaha evakuasi yang dilakukan Kapal Mutiara Timur (MT) I.

Kapal Motor (KM) Mutiara Persada III berangkat dari Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (9/4) malam. Kapal membawa sebanyak 76 penumpang dan 37 kru kapal penumpang.

Kemarin, sekitar pukul 15.30 siang, seluruh penumpang tiba di Pelabuhan Panjang. Para penumpang diinapkan di Hotel Pop, Bandarlampung, dan bagi yang sakit dibawa ke Rumah Sakit Bumi Waras. Belum ada laporan resmi berapa kerugian akibat peristiwa ini.

Kepala KSOP Pelabuhan Panjang, Gulung Hutapea mengatakan, pihaknya masih melakukan penelitian. “Belum bisa dilaporkan besaran kerugiannya. Yang pasti tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut,” ujarnya, Senin (10/4).

Seorang penumpang bernama Tia (28), warga Kota Karang, Telukbetung, Bandarlampung dengan kalimat terbata-bata menceritakan pengalamannya saat berada di atas kapal yang terbakar tersebut. “Saya takut sekali. Apalagi kapal sempat miring. Saya melihat asap naik ke atas dan saya langsung keluar kamar dan berlari,” ujar ibu muda ini.

Sejumlah penumpang mengaku melihat kobaran api dan asap membumbung tinggi yang berasal dari sebuah ban mobil box yang berada di dalam kapal.

Menurut Kepala Pos Search and Rescue SAR Banten, Heru Amir, api menghanguskan tiga mobil di cardeck kapal. Setelah api dipadamkan, KM Mutiara Persada III yang membawa 76 penumpang dan 37 kru kapal, melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Tanjung Priok dengan pengawalan KMP Mutiara Barat.

Kronologis Kebakaran

Pukul 03.19: KMP Mutiara Persada III menginformasikan ditemukan titik api pada cardeck D, dan meminta pertolongan untuk evakuasi. Pukul 03.24: Vessel Traffic Services (VTS) Merak menginformasikan ke kapal terdekat untuk menolong dan membantu evakuasi. Kapal terdekat KM Lintas Asahan dan KMP Mutiara Barat disiagakan di lokasi kebakaran.

Pukul 03.29: VTS Merak menghubungi dan menginformasikan melalui telepon ke Basarnas Banten (Heru). Petugas jaga KSOP (Abdul Kadir), Nakhoda Kn.333 (Topan), Puskodalop Jakarta Abdul Rahman. Puskodalop melanjutkan pelaporan ke Kepala PLP Tanjung Priok.

Pukul 03.48: VTS Merak melaporkan api masih menyala tidak bisa dipadamkan. KM Mutiara Persada III dalam keadaan blackout dan miring 3 derajat ke kiri. Kru KMP Mutiara Persada II tidak mampu memadamkan api karena angin cukup kencang. Kru dan penumpang merasakan panas di lantai dek.

Pukul 04.26: KM Lintas Asahan tender di KMP Mutiara Persada III untuk membantu evakuasi kru dan penumpang. KAL Sanca dari Lanal Banten tiba di lokasi kebakaran. Pukul 05.20: KAL Sanca membantu menurunkan sekoci dari KMP Mutiara Persada III untuk evakuasi dan kemudian dievakuasi ke KM Lintas Asahan. Kru masih berusaha memadamkan api. (*)

Sumber : Lentera SL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here