Khaidir Bujung : Pilkada 2017 PKB Usung 4 Petahana

0
172
Khaidir Bujung : PKB Usung 4 Petahana

BANDARLAMPUNG (Duta Lampung Online)- Jelang Pilkada 2017 mendatang, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Lampung ingin bermain aman dalam menentukan bakal calon yang akan diusung. Pasalnya, partai besutan Abdurachman Wahid tersebut mengusung empat calon petahana di lima kabupaten yang akan menggelar pilkada.

Politisi PKB Lampung Khaidir Bujung mengatakan, pihaknya beralasan mendukung empat petahana tersebut karena memiliki darah dan sejarah di Nadhatul Ulama (NU). Sebab, kader PKB mayoritas memiliki darah NU.

“Seperti di Pringsewu, kita usung Sujadi, alasan kami karena beliau adalah kyai kita (NU). Atau contoh lain di Mesuji, kita usung Khamami karena istrinya merupakan Muslimat NU,” jelasnya. Rabu (2/8/2016). Seperti dilansir dari Fajar Sumatra.com.

Sementara untuk di Tuba Barat, pihaknya mengusung Umar Ahmad-Fauzi Hasan. Sebab menurutnya, Wabup Fauzi Hasan merupakan salah satu alumni PMII yang masih erat hubungannya dengan kader PKB lain. “Sedangkan untuk Lambar, kita akan mengusung maju Edi Irawan- Ulul Azmi, dimana beliau (Edi) memiliki sejarah dalam lahirnya PKB di Lambar,” ujarnya,

Untuk resminya, Wakil Ketua Komisi V DPRD Lampung ini menyerahkan sepenuhnya ke DPP dalam mengambil kebijakan tertinggi. “Nama-nama yang kita saring tersebut, Insya Allah pada minggu ini kita ajukan ke DPP secara serempak. Karena mereka (petahana) akan mengikuti fit and propertest untuk mengetahui gambaran target dan strategi apa yang digunakan,” jelasnya lagi.

Sebelumnya, Ketua PKB Lampung Musa Zainudin memgatakan, partainya akan mengeluarkan rekomedasi untuk bakal calon kepala daerah di lima daerah pada pertengahan Agustus mendatang.

“Sesuai instruksi pusat, kita rampungkan dulu Muscab di 15 DPC. Sudah kelar Muscab maka baru bahas pilkada,” jelasnya belum lama ini.

Walupun PKB secara instuisi belum memutuskan, namun menurutnya PKB sudah mengarahkan dukungan di Pilkada lima daerah. “Seperti di Pringsewu, PKB akan mendukung petahanq Sujadi Saddat. Sebab, Sujadi merupakan salah satu pendiri PKB dan tokoh NU. Insyaalloh kita usung,” tegasnya.

Selain Sujadi, PKB juga menurutnya akan mengusung tiga petahana lain, yakni Umar-Fauzi di Tubaba, Handoyo di Tuba, dan Khamami di Mesuji. “Alasannya ya karena di Tubaba, Fauzi Hasan merupakan alumni PMII. Sedangkan di Mesuji, istri Khamami ini ketua Muslimat NU di sana,” jelasnya.

Sementara di Lambar, pihaknya kemungkinan besar mengusung Edi-Pai. Sebab menurut Musa, Edi ada sejarahnya di PKB. “Kita siap kawal Esi di Lambar. Kita juga turun langsung ke sana, karena kita lihat Lambar ini harus dibenahi konstituennya, dan struktur partai di sana agar dapat solid memenangkan Edi,” pungkasnya. (*)