Ketua DPRD Lampung Hadiri Musrenbang Nasional di Bali

BANDAR LAMPUNG – Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay SH MH menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) nasional dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) yang dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center, Senin (22/5/2023).

Mingrum menjelaskan bahwa pentingnya penyelarasan program dari pusat ke daerah hingga kabupaten/kota untuk dijadikan kerja kolaboratif, sehingga dapat membantu percepatan implementasi program di daerah.

“Ada sejumlah indikator yang dirasa menjadi skala prioritas kerja sama dengan pemerintah pusat, salah satunya mengenai infrastruktur. Karena ini jangan sampai berdampak terhadap monopolisasi, baik orang, barang atau lainnya,” ujar Mingrum.

Ia juga menyebutkan bahwa menuju Indonesia emas 2045 banyak tantangan dan upaya yang perlu dilakukan bersama antara pemerintah, masyarakat dan sektor lainnya.

“Pembangunan infrastruktur yang baik sangat penting untuk mendukung konektivitas, mobilitas, dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Pembangunan infrastruktur haruslah terpadu dan memperhatikan kepentingan masyarakat untuk menghindari konsentrasi infrastruktur yang hanya berfokus terhadap satu wilayah saja,” tambahnya.

Mingrum mengatakan bahwa terkait pembiayaan, perencanaan, dan koordinasi lintas sektoral harus terus dibangun hingga tingkat teknis pelaksanaannya.

“Kita ingin semua terlibat melalui koordinasi, agar terlaksananya efisiensi dan efektifitas kedepan,“ pungkasnya.