Ketua DPD LPPKI Pekanbaru Selenggarakan Halal Bihalal dan Bimtek Perlindungan Konsumen

0
69

Pekanbaru, (Duta Lampung Online) – Dalam rangka Halal bi Halal DPD kota Pekanbaru, Asni Fitri (Ketua LPPKI DPD) Pekanbaru. Kedatangan tamu Azwar Siri, S.H. (Ketum LPPKI DPN) Padang beserta rombongan. Halal bi Halal ini dilaksanakan sekali setahun setelah Lebaran Idul Fitri dan Halal Bihalal diselenggarakan Minggu, tanggal 29/05/2022 di Cafe Kawa Simpang Tabek Gadang, Jalan SM. Amin, Pekanbaru.

Ketua Umum Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Bapak Azwar Siri, S.H menghadiri acara Halal bihalal dengan segenap anggota dan pengurus DPD LPPKI kota Pekan Baru-Riau pada hari Minggu tanggal 29 Mei 2022 dalam rangka meningkatkan jalinan silaturahmi antar sesama anggota LPPKI.

Pada kesempatan itu ketua Umum LPPK, Azwar Siri, S.H menyampaikan arahan dan sekaligus memberikan bimbingan teknis tentang penyelenggaraan perlindungan konsumen dalam rangka mencerdaskan dan melakukan advokasi pada konsumen, bahwa LPPKI sebagai Lembaga perlindungan konsumen menjalankan tugas dan fungsi berdasarkan UU NO 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen yaitu memberikan nasehat dan advokasi serta bersama pemerintah melakukan pengawasan dalam rangka penyelenggaraan perlindungan konsumen.

Lebih lanjut Azwar Siri menyampaikan bawa seorang aktivis perlindungan konsumen harus mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap permasalahan yang terjadi pada masyarakat konsumen termasuk kebijakan publik yg mungkin bisa saja dapat merugikan konsumen, dan sebagai lembaga kita dapat memberikan pencerahan pada konsumen agar berhati-hati dalam mekosumsi barang dan jasa dan melakukan advokasi apabila konsumen mengalami kerugian atau terjadi sengketa konsumen dan sementara itu Asni Fitri S.Kom.

“Sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LPPKI kota Pekan Baru menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan Ketua Umum LPPKI ke DPD Kota Pekanbaru beserta team, dalam rangka silaturahmi sekaligus menyelenggarakan bimbingan teknis agar anggota dapat memahami tugas-tugas nantinya dalam rangka membantu menyelesaikan sengketa konsumen yang ada pada masyarakat sesuai dengan visi dan misi LPPKI untuk mencerdaskan masyarakat konsumen agar terhindar dari kerugian dalam mekosumsi barang dan jasa,” ujar Azwar.

LPPKI DPD Pekanbaru Sangat berterima kasih kepada semua peserta. Ketua DPD Pekanbaru juga mengatakan bahwa kedatangan Pak Ketum Azwar Siri dan tim lainya, merupakan kehormatan bagi kami di LPPKI DPD Pekanbaru ini, karena bisa bertatap muka langsung dengan pak Ketum dan pengurus DPN LPPKI untuk bisa bersilaturahmi dan berkesempatan juga untuk berdialog langsung dengan Ketum.

Momen ini sudah dimanfaatkan oleh Peserta dengan mendengarkan arahan dari pak ketum dan melakukan dialog langsung. LPPKI di Kota Pekanbaru baru dirintis dan baru dimulai, jadi ini menjadi tantangan buat kita bersama untuk bisa membesarkan organisasi LPPKI di Kota Pekanbaru.

“Saya yakin dengan tekad dan semangat kerjasama diantara kita, kita akan bisa mencapai harapan organisasi dengan baik. Mari kita ciptakan suasana dan kondisi yang baik di organisasi kita ini dengan prinsip-prinsip kerja sama yang baik, komunikasi yang baik dan saling menghormati dan menghargai satu sama lainya serta menerapkan prinsip keterbukaan dan transparasi dalam pelaksanaan operasional organisasi dan jujur dalam bersikap/bertindak. Diawal tentu ada kendala dan keterbatasan dibanyak Hal dan ini sesuatu yang wajar dan saya yakin dengan kebersamaan kendala ini bisa kita Carikan solusi terbaik untuk itu.” ujar Asni.

“Pada prinsipnya LPPKI adalah organisasi sosial dan bersifat terbuka untuk siapa saja yang mau ikut bergabung dengan tujuan memberikan perlindungan dan pemahaman/pembelajaran kepada Masyarakat terkait hal hal mereka khususnya hak mereka selaku konsumen dan kita hadir diantara mereka untuk membantu permasalahan yang mereka hadapi. Kita menghimbau mari selalu kita update wawasan kita terkait bidang ini, sehingga kita bisa membantu diri sendiri, Keluarga serta Masyarakat dalam Perlindungan Konsumen.” tutup Asni Fitri, S.Kom. (Vivi Herawati)