Kepala Pekon Sidomulyo Tanggamus, Diduga Korupsi Dana Desa

0
1443

Tanggamus (Duta Lampung Online)- Proyek Tenggul Penahan Tanah (TPT), Pekon Sidomulyo Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, dinilai kurang tepat sasaran alias mubajir. Diduga kuat dana tersebut menjadi ajang korupsi.img_20160907_130824Pasalnya proyek TPT yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2016, sebagian dikerjakan ditengah perkebonan yang rata. Selain itu pengerjaan TPT juga terkesan asal-asalan, sebab ketinggian pondasi dan kelebaran pondasi diduga pula tidak sesuai dengan aturan.

Hasil pantauan dilapangan pembangunan TPT juga terkesan tidak transparan, sebab pihak TPK tidak mencantumkan papan nama proyek. Sehingga warga tidak mengetahui volume dan besaran anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan TPT.

Anehnya lagi hasil pantauan tim Duta Lampung Online, pembangunan TPT yang ada ditengah pemukiman warga belum ada talut., sehingga pekerjaan itu dinali kurang perencanaan yang matang sehingga kurang bermanfaat alias mubajir. img_20160907_130514“Seharusnya pihak kepala desa membangun terlebih dahulu talut, baru jika TPT. Sebab lokasi pembangunan TPT dilokasi datar yang tidak dihawatirkan lonsor,”ungkap salah satu warga setempat yang minta dirahasiakan idetitasnya.

Narasumber juga menceritakan, proyek ADD Tahun 2016 ini, dikerjakan langsung oleh kepala pekon, meski ada kepengurusan Timpengelola kegiatan (TPK) hanya sekedar pormalitas.

“Yang mengerjakan ADD pak lurah langsung, mulai yang beli matrial dan bayar tukang kerja. TPK hanya sekedar formalitas,”pungkasnya.

Terpisah, kepala pekon setempat, saat dikonfirmasi Abdul Efendi, tidak ada ditempat, saat didatangi dikediaman menurut anaknya sedang keluar.(*).