KASAD Dudung Abdurrahman, S.E., M.M. Tinjau Latihan Puncak Antar Kecabangan TNI di Puslatpur Oku Timur.

0
58

Oku Timur – (Duta-Lampung Online)
Bertempat di Puslatpur Kodiklat Martapura, kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan, telah digelar latihan taktis antar kecabangan bagi personil Batalyon Infanteri Raider 400 / Banteng Raider Kodam IV / Diponegoro tahun 2022.
Minggu, 2/10/2022

KASAD Jenderal Dudung Abdurrahman, S.E , M.M meninjau langsung mekanisme Latihan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif Raider 400/BR dan turut hadir diantaranya Dankodiklat AD Letjen Ignatius Yogo Triyono, M.A, Aslat Kasad Mayjen TNI Tri Winarno, S.I.P, MSi, M.Tr ( Han ), Aspers Kasad Mayjen TNI Darmono Susanto, S.I.P , Pangdam II / Sriwijaya Hilman Hadi,S.I.P , M.B.A, M.Tr ( Han ), Dan Pussen Armed Mayjen TNI Yudhy Chandra Jaya, Dan Pussenkav Mayjen TNI Yanuar Adil, Kapuspalad Mayjen TNI Eko Erwanto, Kapuskesad Mayjen TNI dr Purwo Setyanto, S.Pb, MARS, Dan Pussen Arhanud Brigjen TNI Dr Haris Sarjana, S.I.P, M.M, M.Tr ( Han ), Kasdam IV / Diponegoro Brigjen TNI Purwito, Danrem 044 / Gapo Brigjen TNI Naudi Nurdika, SIP, MSi, M.Tr ( Han ), Dan Puslatpur Brigjen TNI Suparlan Purwo Utomo, S.I.P, MSi, Serta awak Media.

Dalam gelar pers yang disampaikan langsung oleh Kasad Jenderal Dudung disela kegiatan, Beberapa program inovatif yang telah dicapai TNI AD dalam mendukung program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan sesuai dengan dukungan program Presiden Republik Indonesia.

“Bahwa TNI AD telah melaksanakan tugas membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam rangka ketahanan pangan, melakukan kegiatan manunggal air, memantau dan membantu BKKBN dalam melaksanakan program stunting termasuk kegiatan pendekatan kepada masyarakat, mahasiswa dan seluruh komponen tentang pentingnya Pancasila, agar persatuan dan kesatuan bangsa kita tetap terjaga sehingga tidak terkontaminasi oleh pihak pihak tertentu yang mencoba mengganggu persatuan bangsa,” Tegas Jenderal Dudung.

Dalam latihan yang dijalankan selama satu bulan ini melibatkan 1051 prajurit dari berbagai kecabangan diantaranya Infanteri, Kavaleri, Armed, Arhanud, Zeni, Perhubungan, dan satuan bantuan administrasi dan juga untuk pertama kalinya melibatkan para siswa taruna dari Akademi Militer.

“Saya bisa sampaikan kepada unsur pimpinan di jajaran angkatan darat, Bahwa keberhasilan dan kemenangan itu berasal dari keberanian untuk mengubah sesuatu yang baru.
Taruna adalah calon komandan peleton, artinya mereka sudah harus tau bagaimana nantinya menjadi Danton. Mereka juga harus mengerti sebagai pemimpin dan sebagai pelaku. Artinya, Bagaimana mereka harus tau bagaimana menjadi Tamtama, bagaimana menjadi Bintara, bagaimana menghadapi kesulitan-kesulitan dalam menghadapi situasinya, Sehingga bila menjadi pemimpin tidak semena-mena dalam mengambil keputusan dan kebijakan,” Papar Jenderal Dudung.

Diakhir kegiatan peninjauan Lattis Ancab tersebut, Jenderal Dudung berdialog dengan para siswa taruna akademi militer dan memeriksa personil latihan termasuk menanyakan ketersediaan susu serdadu kepada para prajurit serta memberikan semangat kepada segenap prajurit dengan memimpin yel-yel kebanggaan dari Batalyon Infanteri 400 / Banteng Raider Kodam / IV Diponegoro.(Feriansyah)