Kapolres Way Kanan Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional

0
0
Kapolres Way Kanan AKBP Yudy Chandra Erlianto memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-108 tahun di halaman kantor Pemkab, Jumat (20/5/2016). LAMPUNG POST/CANDRA P WIJAYA

BLAMBANGAN UMPU – Duta Lampung Online (DLO) – Kapolres Way Kanan AKBP Yudy Chandra Erlianto memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-108 tahun, di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Jumat (20/5/2016).

Upacara ini diikuti aparatur sipil negara (ASN) Pemkab, anggota TNI, Polri, serta puluhan pelajar.
Kapolres membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara.

Kapolres mengatakan satu inspirasi yang bisa semua serap dari berdirinya Boedi Oetomo sebagai sebuah organisasi modern pada tahun 1908 adalah munculnya sumber daya manusia Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan. Serta memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan.

Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangkitan nasional dimulai. Perjuangan Boedi Oetomo yang dipimpin oleh dokter Wahidin Soedirohoesodo dan dokter Soetomo tersebut kemudian dilanjutkan oleh kaum muda pada tahun 1928 yang kemudian melahirkan sumpah pemuda dan melalui perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya bangsa Indonesia dapat memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

“Sejak diproklamirkannya kemerdekaan, kita bangsa Indonesia telah berjanji dan berketetapan hati bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam kondisi dan keadaan apa pun,” tegasnya,(lampost.co).