Kanwil Kemenkumham Lampung Hadiri Rapat Penyelarasan Naskah Akademik 12 Raperda Inisiatif DPRD Lampung

0
2

LAMPUNG – Bertempat di Ruang Rapat Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Lampung Hari Senin 24 Juli 2023 telah dilaksanakan Rapat Penyelarasan Naskah Akademik 12 (dua belas) Inisiatif DPRD Provinsi Lampung. Rapat dihadiri oleh perwakilan dari Biro Hukum Setda Provinsi Lampung Erman Syarif Kepala Bagian Perundang-undangan, perwakilan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Lampung, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM lampung dalam hal ini diwakili oleh Ali Badary selaku Perancang Ahli Madya beserta Tim, Sekretariat DPRD Lampung, KesbangPol Lampung dan Akademisi Universitas Lampung.

Disampaikan beberapa usulan inisiatif rancangan Perda oleh DPRD Provinsi Lampung yang kemudian dilakukan penelaahan dan pengkajian mulai dari aspek formil dan aspek materil. Ali Badary menyampaikan bahwa proses pembentukan peraturan daerah haruslah diawali dengan tahapan perencanaan yang baik. Rancangan Peraturan Daerah yang disampaikan haruslah betul-betul materi muatan yang merupakan kewenangan dari provinsi, selain itu juga harus diperhatikan ruang lingkup materi muatan yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Diakhir rapat, Biro Hukum menyampaikan bahwa usulan rancangan perda inisiatif DPRD yang telah disampaikan kepada Gubernur akan dikaji ulang sebelum dibahas lebih lanjut.