Kadishub Syukur Kersana : Lamteng Siapkan Bus Gratis Untuk Anak Sekolah

0
264
Kadishub Syukur : Lamteng Siapkan Bus Gratis Untuk Anak Sekolah. (Foto Istimewa).

LAMPUNG TENGAH (DLO)-Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Lampung Tengah Kompol Syukur Kersana, S.Sos , MM, terus berupaya meningkat kan pelayanan angkutan umum khusus nya bagi kalangan pelajar, dengan cara mengoperasikan semaksimal mungkin BUS Sekolah gratis.

Kadishub Syukur mengatakan, dalam amanah perundangan-undangan, pelayanan publik meliputi pelayanan barang publik dan jasa publik serta pelayanan administratif yaitu pendidikan, pengajaran, pekerjaan dan usaha, tempat tinggal, komunikasi dan informasi, lingkungan hidup, kesehatan, jaminan sosial, energi, perbankan, sumber daya alam, pariwisata dan Perhubungan.

“Pelayanan publik adalah dapat diartikan melayani kepentingan masyarakat umum dalam sebuah negara,”tegas Syukur, pada beberapa waktu lalu.

Mesurut Kadishub, aparatur Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah di tuntut untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, masing-masing Instansi harus mampu mengembangkan Kraeatifitas dan Inovasi baru dalam melakukan pelayanan tersebut.

“Oleh karena itu kami juga telah memberikan pelayanan angkutan umum khusus nya bagi kalangan pelajar, dengan cara mengoperasikan semaksimal mungkin BUS Sekolah gratis,”tuturnya.

Menurut Syukur, rute trayek bus sekolah gratis tersebut,  adalah di sepanjang ruas Jalan Gunung Sugih – Mojopahit – Punggur.

“Di sepanjang ruas jalan tersebut terdapat 15 Sekolah,SD, SLTP dan SLTA,”ungkapnya.

Syukur menjelaskan, maksud dan tujuan dioperasikan bus sekolah gratis tersebut antara lain yakni, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya kalangan Siswa dan pelajar. Menjamin keselamatan bagi generasi muda penerus bangsa, saat mereka melakukan perjalanan ke dan kembali dari menimba ilmu di sekolah.

“Kedua memberikan pemahaman arti penting nya keselamatan berlalu lintas. Selamat berarti terhindar dari kecelakaan , aman bagi diri sendiri dan tidak membahayakan orang atau pengguna jalan lainnya,”terangnya.

Sedangkan yang ketiga masih kata Syukur, membudayakan penggunaan angkutan massal. Dengan tanpa di pungut biaya (Gratis) , maka diharapkan orang tua mau mendorong Siswa dan pelajar untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi , serta lebih memilih menggunakan bus sekolah.

“Sedangkan yang ke-empat, sebagai perintis daerah yang belum di layani oleh angkutan umum,”jelasnya.

Syukur menuturkan, masih ada beberapa rute trayek , maupun ruas jalan dalam wilayah Kabupaten Lampung Tengah yang belom dilayani oleh angkutan umum salah satunya adalah ruas Jalan Gunung Sugih – Mojopahit – Punggur.

“Sehingga dengan adanya Bus sekolah dapat menjadi solusi
khususnya menjadi Moda angkutan / alat transportasi pilihan bagi kalangan siswa/ pelajar,”katanya.

Untuk yang ke-empat, masih kata Syukur, mengurangi Kemacetan. Dengan menggunakan angkutan massal, maka berdampak terhadap pengurangan terhadap jumlah kendaraan yang beroperasi di jalan
dan berdampak langsung pada volume lalu lintas.

“Sehingga perlahan dapat mengurangi kemacetan khusunya pada jam sibuk sekolah pada Pagi dan siang hari,”ujarnya.

Syukur menghimbau, kepada masyarakat Gunung Sugih, Mojopahit , Punggur dan sekitarnya untuk memanfaatkan dan menggunakan Bus sekolah gratis untuk sarana tranfortasi umum anak-anak sekolah dan tetap menjaga keselamatan dan kenyamanan.

“Program Bus sekolah gratis perlu terus di kembangkan di masa yang akan datang dan menjadi salah satu program kegiatan yang perlu di kedepankan. Semoga Dishub Lampung Tengah semakin baik dan lebih maju di masa sekarang dan di masa yang akan datang,”pungkasnya (Rita)