Kadis Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi

0
38

Way Kanan (Duta Lampung Online)-Bertempat di Gedung Kwarda Provinsi Lampung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dwi Handoyo Retno, S.E.,M.M menghadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, Selasa (30/07/2019).

Dari informasi yang diterima Dinas Komunikasi dan Informatika, pada acara tersebut terdapat dua Sekolah di Kabupaten Way Kanan berhasil meraih Penghargaan Adiwiyata Provinsi Tahun 2019 yaitu SD Negeri 1 Bhakti Negara dan SMP Negeri 1 Buay Bahuga yang diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, bersama dengan SD Negeri 1 Gunung Madu Kabupaten Lampung Tengah, SMP Negeri 4 Pringsewu Kabupaten Pringsewu, SMP Negeri 3 Tanjung Raja Kecamatan Lampung Utara dan SMP Negeri Xaverius Metro Kota Metro.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai Adiwiyata berdasarkan kegiatan Peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2019 dan dinyatakan telah memenuhi syarat.

Diketahui, Adiwiyata yaitu tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperolah segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita – cita pembangunan berkelanjutan.

Dengan tujuan Program Aadiwiyata yaitu  mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) untuk mendukung pembangunan berkelanjutan melalui tata sekolah yang baik. Yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Negara dan Kementerian Dalam Negeri yang juga bekerjasama dengan Gubernur dan Bupati/Walikota Se-Indonesia.

Program Adiwiyata juga dilaksanakan di Tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan komponen Program untuk mencapai tujuan program Adiwiyata yaitu ditetapkan 4 (empat) komponen program yang menjadi satu kesatuan utuh dalam mencapai sekolah Adiwiyata, yang meliputi Kebijakan Berwawasan Lingkungan, Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif dan Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan.(Rls/Alex)