Kadis Disdukcapil Desak Tingkatkan Mutu Kinerja Pegawainya

Pesawaran (Duta Lampung Online)- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Ketut Partayasa, memastikan pembuatan administrasi Kependudukan khususnya pembuatan KTP bagi masyarakat Pesawaran selesai dalam 3 hari. Ini diungkapkan saat audensi dengan LSM Garda P3ER dan insan pers diruang kerjanya, selasa (5/3/19).

“Terkait keluhan masyarakat atas lambannya pelayanan pembuatan KTP, seperti yang tertuang dalam surat audensi yang dilayangkan oleh LSM Garda P3ER Pesawaran, Ketut menanggapi, hal itu dikarenakan terkendala stok blanko untuk pencetakan KTP masih kosong . Namun begitu, saat ini kendala tersebut sudah dapat teratasi.

” masalah keterlambatan pencetakan KTP dikarenakan blanko KTP belum kita terima dari pusat. Dan alhamdulliah saat ini 17 ribu blanko sudah siap kita cetak ” Ungkap Ketut.

Kemudian saat disinggung terkait maraknya joki dalam pengurusan administrasi kependudukan pada Disdukcapil. Ketut menyampaikan, bahwa jika ditemukan petugas Disdukcapil melakukan hal itu maka dirinya akan menindak tegas oknum tersebut. Namun demikian dirinya juga tidak menampik masih ada pengurusan administrasi kependudukan melalui pihak Desa.

” kalo memang terbukti ada petugas kami yang melakukan pungli dan masyarakat bisa membuktikan itu, saya kasih hadiah uang Rp 1 juta. Dan mengenai pihak diluar Dinas seperti dari pihak Desa mengurus tentang administrasi kependudukan bagi masyaraktnya maka kami mintakan tanda bukti surat kuasa untuk setiap dokumen yang dibawa dibubuhi matrai Rp 6 ribu ” Pungkas Ketut.

Lebih lanjut, ketua forum Disdukcapil kabupaten/kota seprovinsi lampung (Ketut-red) menambahkan, dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya siap melakukan jemput bola turun kedesa untuk melakukan perekaman E-KTP.

” meskipun waktu libur kami siap datang untuk lakukan perekaman, telephon saja gak usah pake surat kami pasti datang. Namun sekurangnya tidak kurang dari 25 orang yang akan melakukan perekaman E-KTP tersebut, petugas kami pasti datang ” Ucapnya, seraya menegaskan jika masih ada masyarakat yang mengeluhkan pelayanan pihak Disdukcapil langsung menghubungi call centre 08117833922 atau langsung menemui dirinya (Kadis Disdukcapil).

Sementara Ketua LSM Garda P3ER Pesawaran dalam audensi tersebut mengemukakan, kiranya petugas operator maupun petugas yang terlibat dalam pencetakan E-KTP dilakukan penyegaran satu bulan sekali. Pasalnya, menurut Sabturizal, para petugas tersebut ditengarai kental melakukan permainan dalam pembuatanE-KTP ini.

” ya, kami meminta para petugas yang terlibat dalam pencetakan E-KTP ini satu bulan sekali diganti, hal ini untuk menangkal bagi oknum nakal dan joki bermain dalam pembuatan E-KTP ” Tandas Sabturizal.(wandi)


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *