HUT Bhayangkara 76, Polres Pati Peduli ‘Katarak”

0
17

Pati (Duta Lampung Online) – 2/7/2022, Sambut HUT Polri Ke 76, RS Keluarga Sehat bekerjasama dengan Polri, mengadakan kegiatan Bakti Sosial OKG (Operasi Katarak Gratis) diselenggarakan sejak 25/6/2022 hingga 26/7/2022, sebanyak 50 peserta penyandang Penyakit Katarak mendapatkan kesempatan operasi Katarak Gratis, di RS KSH Pati Penyandang Penyakit Katarak akan dapat melihat secara normal kembali setelah Oprasi katarak.

Acara OKG di gelar di KS Hall, dihadiri oleh

1. Kepala Kepolisian Resor Pati yang diwakilkan Kabagren Kompol Budi Suryanto

2. Komandan Kodim 0718/ Pati yang diwakilkan Pasi Pers Kapten Inf Tri Sucipto

3. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati dr. Aviani Tritanti Venusia, M.M.

4. Ketua SPGPK Perdami Jawa Tengah dr. Andhika Guna Dharma, FICS, Sp.M(K).

5. Tokoh Lintas Agama, Bapak Eddy Siswanto
Direktur PT. Erela, Bapak Edy Susianto

6. Direktur RS Keluarga Sehat, dr. Kelvin Kurniawan, M.Kes.

7. Direktur RS Keluarga Sehat Tayu, dr. H. Irawan Sanjoto Putro, Sp.OG.

8. Bapak Babinsa Seluruh Kabupaten Pati

9. Bapak ibu hadirin tamu undangan dan teman-teman media

10. Serta seluruh peserta operasi katarak.

Direktur utama PT Keluarga Sehat Sejahtera Dr. Benny Porwanto MARS. menyampaikan dalam forum acara tersebut.
OKG ini terselenggara berkat dukungan dan kerja sama dari Perdami Jateng, CSR PT. Erela, Dinkes Pati, Kodim, Polres dan Gusdurian dengan RS KSH.

Program OKG (Operasi Katarak Gratis) ini secara berkelanjutan terus diselenggarakan untuk membantu lebih banyak masyarakat yang membutuhkan. Katarak mata mengakibatkan gangguan kesehatan berupa gangguan pengelihatan dan mengakibatkan penurunan produktivitas bahkan kemandirian pasien yang mengalami gangguan penglihatan tidak mampu mandiri, tidak mampu berkerja, tidak mampu mengerjakan kegiatan sehari-hari bahkan tidak lagi bisa melihat keindahan kehidupan dunia.

OKG ini diharapkan bisa memberikan kesempatan kedua bagi pasien untuk pulih penglihatan matanya sebagai jendela dunia untuk melihat indahnya warna-warna kehidupan dan memulihkan kemandirian dan bahkan produktivitas untuk bekerja.

Kegiatan OKG ini sungguh sangat dirasakan manfaatya oleh para pasien yang menderita gangguan katarak. Dan hari ini kita patut syukuri atas terselenggaranya OKG saat ini diikuti oleh 50 orang pasien. OKG ini akan diikuti oleh event-event serupa untuk membantu lebih banyak lagi masyarakat.

Kegiatan-kegiatan OKG semacam ini terselenggara berkat kerja sama tim yang baik, mulai dari Dokter-dokter Spesialis mata dari Perdami Jateng, CSR PT. Erela yang mensupport pebiayaan kegiatan, Dinkes Pati yang mengatur dan memastikan terpenuhi persyaratan medis, Kodim, Polres dibantu Gusdurian yang men-tracing, mengedukasi, men-skrining, sampai membantu mengawal dan mengkomunikasikan ke RS KSH, bahwa RS KSH menyediakan fasilitas ruang operasi dan ruang tunggu sebelum dioperasi, ruang pemulihan setelah operasi, serta control paska operasi untuk memastikan hasil OKG yang terbaik bagi masyarakat yang mengikuti OKG ini.

Marilah, kita ikuti kegiatan OKG ini dengan penuh rasa syukur dan memohon kepada Allah agar seluruh kegiatan ini dan seluruh peserta OKG dilancarkan dan dilindungi Allah. Semoga kegiatan OKG ini juga akan terus bisa di diselenggarakan disini lagi dengan tim yang hebat dan mensupport sepenuh hati membantu kegiatan yang sangat bermanfaat ini.

Kegiatan CSR berikutnya bisa berupa OKG lagi atau operasi Bibir Sumbing atau kegiatan lain, semua ini tergantung dari peran serta aktif kita semua untuk memperjuangkan dan menjadikan hidup kita menjadi semakin berarti bagi banyak umat.

Kegiatan sosial kemanusiaan yang sangat bermanfaat seperti ini, sudah selayaknya kita dukung sesuai dengan peran kita masing-masing, setidaknya kita bisa ikut memviralkan kegiatan-kegiatan CSR yang baik ini dengan cara kita masing-masing di media sosial/medsos, daripada kita menyebarkan hoax atau berita lain yang tidak bermanfaat atau bahkan merusak kedamaian sekitar kita.

Dengan kegiatan medsos kita semua akan bisa mensosialisasikan kegiatan OKG ini lebih luas lagi, mengedukasi dan men tracing masyarakat yang membutuhkan. Kepada teman-teman media cetak/media elektronik main stream mempublikasikan kegiatan baik ini sebagai berita yang baik dan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, tetapi belum tahu kemana mereka bisa mendapatkan pertolongan. Untuk akses pertama yang bisa dihubungi, silakan kontak RS Keluarga Sehat Pati dengan berbagai cara, mulai dari datang langsung, WA, IG, FB, email, maupun website.

Dr. Benny Purwanto MARS, juga mengatakan, ”Hal ini agar dapat di sosialisasikan secara luas dan dapat dibantu juga dengan teman-teman media untuk disampaikan kepada masyarakat yang menginginkan kesembuhan penyakit katarak”.

Sudah saat nya jurnalisme kembali ke khittoh memberitakan berita baik untuk kemajuan negara masyarakat, mari tinggalkan falsafah salah kaprah “Bed News is Good News” karena laku jual dan akan berefek booming berita yang kita publikasikan, tetapi akan berakibat buruk. Lebih baik kita ikuti falsafah “Good News is Good News”. Mari kita kenalkan berita baik ini seluas-luasnya agar kegiatan seperti ini bisa terselenggara lagi ke depannya.

Kesimpulannya program ini sangat membantu dan sangat berarti sekali untukan masyarakat yang menyandang penyakit katarak, dapat mengikuti operasi gratis Lewat RS KSH Pati, dengan harapan saudara-saudara kita yang mengalami penyakit Katarak kembali dapatkan fungsi normalnya mata.
(Sholihul)