Hinga Hari Ketiga Belum Ada Parpol Yang Mendaftar di KPU Lamteng

0
88
( foto ilustrasi)
Lampung Tengah(DLO)- – Hingga Hari ketiga KPU Kabupaten Lampung Tengah belum menerima salinan bukti keanggotaan Partai Politik (Parpol), tapi menurut Budi Hadi Yunanto selaku Ketua KPU Lampung Tengah mengatakan bahwa sudah banyak partai politik yang datang untuk berkonsultasi.
“Pada hari Ketiga masih belum ada parpol yang mendaftarkan Partai Politik nya ke Kantor KPU Lampung Tengah, tapi sudah ada sekitar belasan Partai Politik yang mendatangi KPU Lampung Tengah untuk berkonsultasi dengan Pihak KPU terkait pemberkasan Partai Politik. Partai politik yang berkonsultasi seperti PSI, Perindo, PDIP, Partai Idaman dan sebagainya.” Ujar beliauyang ditemui di ruang Kerja KPU Lampung Tengah.
Beliau menjelaskan bahwa setiap Parpol yang ada di Kab Lampung Tengah harus menyerahkan minimal 1.400 orang anggota dengan menyertakan bukti berupa KTA dan E KTP. “Jumlah penduduk di Kab Lampung Tengah sebanyak 1.468.878 jiwa sehingga minimal anggota setiap Parpol yang harus diserahkan 1/1000 yaitu 1.400 orang. Dengan melampirkan Kartu Tanda Anggota dan E KTP, KPU tidak akan menerima KTP karena sudah tidak berlaku lagi.” Tegas Ketua KPU Lampung Tengah
Kedepannya KPU Lampung Tengah akan melaksakan verifikasi anggota Parpol dengan cara Sampling Acak Sederhana, ini karena minimal anggota Partai Politik di Kab Lampung Tengah harus lebih dari 1.400 orang maka dalam hal verifikasi actual oleh KPU akan menggunakan Sampling Acak Sederhana, dengan rumus yang telah ditentukan. “Jika minimal anggota lebih dari 1.000 maka KPU akan menggunakan cara verifikasi sampling acak sederhana, tetapi jika kurang dari 1.00 maka akan menggunakan system sensus”. Tutup Beliau.
Sedangkan Komisioner KPU Lampung Tengah Devisi Hukum Siti Khodijah berharap agar semua warga Lampung Tengah yang masih menggunakan KTP lama ataupun belum terdata oleh Dinas Disdukcapil agar segera mengurusnya.
“Berharap kepada masyarakat yang belum masuk kedalam DPT ataupun belum memiliki E KTP untuk segera di mendaftarkan di disdukcapil atau pihak kecamatan, ini karena kedepannya warag ayang memiliki Hak Suara ialah masyarakat yang memiliki E KTP. Satu suara akan menentukan pemimpin daerah untuk kedepannya.” Harapan Komisioner KPU Lampung Tengah. (Iswan)