Hari Kartini Momentum Membangkitkan Semangat Kaum Perempuan

0
367

LAMPUNG-DUTA LAMPUNG ONLINE-Dalam rangka perigatan hari Kartini dilingkup pemerintah P rovinsi Lampung. Gubernur Lampung M Ridho Ficardo diwakili Assisten III bidang Kesra Elya Muchtar menegaskan bahwa “Kartini” merupakan pelopor kemajuan bagi kaumĀ  perempuan dan kaum perempuan merupakan tiang dalam kehidupan bersama kaum laki laki guna mewujudkan pembangunan yang lebih baik.

” Kesejajaran kaum perempuan telah banyak terbukti dalam kiprah pembangunan,baik di tingkat kabupaten,kota,provinsi ataupun tingkat Nasional ” kata Elya Muchtar, Jum’at (22/4).

Kartini modern atau masa kini adalah Kartini yang cerdas dan tangguh dalam kesetaraan gender saling bahu membahu bersama kaum laki laki dalam konteks majunya pembangunan, singkatnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Dewi Budi Utami selaku ketua panitia mengatakan, peringatan hari Kartini tentu bukan sekedar mengenang RA Kartini, akan tetapi harus dijadikan momentum membangkitkan rasa semangat pejuang kaum wanita dalam mengisi pembangunan, khususnya di provinsi Lampung, ujarnya.

Menurutnya, kaum perempuan di daerah pedesaan tentu harus terus didorong agar lebih maju, dinamis dan mandiri sehingga kedepan akan mampu mensejajarkan kehidupan gender yang setara bersama kaum laki laki, terangnya.

” Citra kaum perempuan harus lebih ditingkatkan dari kehidupan keterbelakangannya, baik sisi kesehatan,perekonomian, maupun pendidikan, inilah yang menjadi tugas kita bersama seluruh elemen organisasi wanita ” kata Dewi Budi Utami.

Selain itu, harus terus kita perhatikan sisi keterampilan, sehingga kaum perempuan bila dipercayakan tentu mampu hidup sejajar dalam hal pembangunan, tegasnya.

Maka itu, pemerintah provinsi Lampung di tahun 2016 mengemas peringatan hari Kartini ke 137 sebagai seminar “Perempuan dalam pembangunan menuju keluarga bahagia”. Tujuannya untuk membangkitkan semangat dan partisipasi kaum perempuan khususnya di provinsi Lampung, tandasnya.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo menambahkan, Kartini masa kini tentu harus cerdas dan tangguh akan tetapi tidak melupakan kodratnya untuk mengutamakan keluarga khususnya tumbuh kembang anak, karna kaum perempuan adalah adalah orang pertama yang membentuk budi pekerti anak. Kita sebagai kaum perempuan harus mampu menumbuhkan semangat perjuangan Kartini yang menjadikan pelopor bagi perempuan, ujarnya.

“Kesetraan gender sudah begitu banyak kita lihat,bahwa kaum perempuan jika diberi kesempatan maka akan sejajar bersama kaum laki laki dalam membangun negeri ini, khususnya provinsi Lampung”, singkatnya.

Turut hadir,Ketua Pusat Pelayan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) provinsi Lampung Hasiah Bachtiar Basri,Inneke Koesherawati selaku pembicara di seminar yang membahas wanita dan hijab,kepala SKPD dilingkup pemprov Lampung serta Ketua TP PKK se Kabupaten/kota dan Organisasi Wanita.(ADV)