Hari Bhakti Adhyaksa Ke-60, Kejari Pringsewu Ikuti Upacara Virtual serta Potong Tumpeng dan Baksos

0
46

PRINGSEWU,(Duta Lampung Online)-Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pringsewu
menggelar upacara Virtual, dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-20. Digelar di aula Kejari setempat, Rabu (22/7/2020).

Sebagai Inspektur Upacara (Irup) virtual ialah Jaksa Agung RI ST.Burhannudin . Upacara virtual sendiri diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Usai menyampaikan laporan dan kinerja masing-masing Kejari, dilanjutkan dengan dengan memotong tumpeng yang dilakukan oleh Kajari se-Indonesia.

Potongan tumpeng pertama diberikan untuk Jaksa muda perempuan yakni Melani Chandra Putri Petugas Tilang dan Paket Kejari Pringsewu.

Dari rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 60, pihak Kejari Pringsewu juga melakukan pemusnahan barang bukti, di halaman Kejari setempat dengan disaksikan oleh Kabag Ops Polres Pringsewu AKP Martono dan Kasi Tindak Pidana Umum Leni Oktarina. Barang bukti yang di musnahkan,
diantaranya ; Barang bukti pencabulan, Narkoba, pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas).

“Barang bukti dari kasus perkara narkotika berupa sabu seberat 37,15 gram , pil mersi sebanyak 2007 butir. Dan juga barang bukti bekas pencabulan seperti kasur, baju, celana dalam, jeans,” ungkap Amri Siregar.

“Kejari Pringsewu telah melakukan
penyelamatan pengembalian keuangan negara sebesar Rp80.445.407 dan pemulihan keuangan negara Rp59 juta,” ucap Amru.

Lanjutnya Kejari Pringsewu di tahun 2020 semester 1 pihaknya lagi menangani dua perkara kasus korupsi pembangunan gedung RSUD Pringsewu dan Dana hibah KONI.

“Kasus RSUD tersebut di perkirakan menyebabkan kerugian negara sebesar 717 juta, sudah di tetapkan tersangkanya, Tinggal menunggu pelimpahan dari jaksa penyelidik ke JPU,” terangnya.

Sementara Kasat Intel Kejari Pringsewu Median Suwardi, mengatakan,
HBA ke-60, tepatnya pada tanggal 22 Juli 2020, dengan tema ; Terus Bergerak dan Berkarya, dengan tema tersebut lanjut
“Median Suwardi, Kejari Pringsewu sejak 15 Juli sudah melakukan berbagai serangkaian kegiatan jelang peringatan HBA ke 60.

“Dari rangkaian HBA ke-60, dari tanggal 15, kejari Pringsewu sudah melakukan berbagai kegiatan, seperti Baksos ke Panti Asuhan, kemudian melalukan anjangsana ke kediaman Para Purnaja, mengadakan perlombaan internal, juga pembukaan pekan olahraga (POR) dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bahagia Pringsewu,”terang Median.

Tampak hadir dalam upacara virtual yaitu Kepala Kejaksaan Negeri Pringsewu Amru Siregar, Kabag Ops Polres Pringsewu AKP Martono
Kasi Intel Kejari Pringsewu Median Suwardi, Kasi Pidsus Leonardo Adiguna, para Kasubagbin, serta seluruh pegawai Kejari setempat.( yustam)