Harga Tomat Anjlok, Petani Mengeluh

0
13

Lampung Barat, (Duta Lampung Online)-Beredar kabar harga sayuran palawija berjenis tomat dikabarkan menurun berbeda dengan bulan sebelumnya di ahir tahun 2020.

Dimana harga yang awal nya berkisiaran Rp 6000 sekarang hanya menjadi Rp. 1.500 saja perkilogram.

“memang di awal tahun ini harga tomat menurun mungkin penyebab nya karna panenan tomat petani melimpah”. Terang Ratna salah satu pegawai kios yang berada di kecamatan balik bukit lampung barat (Lambar). kamis (7/1/2021)

Di waktu yang sama salah seorang petani ditemui diperkebunan tomat miliknya,di seputaran seranggas kecamatan balik bukit menjelaskan bahwa tomat mengalami penurunan harga.

“harga tomat tidak sesuai dengan modal untuk menanan dan memanennya,untuk pupuk yang bisa di bilang langka dan harganya yang tidak murah sedangkan harga kotak tomat saat ini berkisaran Rp 15000 persatu kotaknya” kata petani Aprianto di perkebunannya.

Untuk harga tomat sekarang ini berpareasi atau berbeda beda baik dari petani, kios, maupun harga di pasaran.

“saat ini harga dari petani hanya Rp 1.300 dan harga di kios mencapai Rp 1.500 lain juga harga di pasaran yang mencapai Rp 3000 per kilogram,alhamdulilah bang masih kena harga Rp 1300 kalau di bawah Rp 1000 harga kotaknya saja tidak ketmu”. tutupnya (Ronaldo)