Gubernur Ridho Harapkan PATRI dapat Bekerja Nyata

0
66
Foto: Ant (Istimewa)

BANDARLAMPUNG, (Duta Lampung Online) – Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengatakan Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) bukan sekadar tempat silaturahmi, melainkan juga sebagai perekat keberagaman, lintas budaya, dan etnis dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“PATRI diharapkan dapat berkarya nyata, kekuatan masyarakat transmigran sangat besar. Khususnya, anak transmigran Lampung memiliki peran signifikan dalam pembangunan,” kata Ridho di Bandarlampung, Rabu  (27/12).

Ia mengatakan Lampung saat ini berada pada peringkat empat surplus beras nasional, sekaligus sebagai daerah ketahanan pangan yang merupakan hasil kerja sama dari keluarga besar transmigrasi sejak dahulu.

Gubernur mengakui prestasi yang diraih Lampung merupakan bagian dari kerja anak-anak transmigran. “Begitu banyak prestasi yang diperoleh Lampung, yang berasal dari hasil kerja keras anak Lampung, yang sebagian besar berasal dari anak-anak transmigran,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa transmigrasi itu sukses sejak zaman dahulu. Kesuksesan transmigrasi diharapkan mampu menjadi barometer dan inspirasi dalam melaksanakan program transmigran saat ini.

“Bukan hanya pemerataan penduduknya saja, tetapi juga diharapkan adanya pemerataan fiskal. Bukan hanya di Provinsi Lampung tetapi juga di seluruh Indonesia. Dengan pemerataan fiskal se-Indonesia maka kualitas hidup di daerah transmigran akan memiliki kualitas hidup yang sama dengan Pulau Jawa,” jelas nya.

Sementara itu, Menteri Desa PDTT, yang diwakili Staf Ahli Menteri Desa PDTT Bidang Pengembangan Wilayah, Conrad Hendarto, menjelaskan setiap menyebut nama Lampung, yang terkenang adalah sejarah heroisme dan kepeloporan transmigrasi daerah ini.

“Transmigrasi telah memberikan pembangunan di Indonesia, bukan hanya membangun keilmuan pertanian, pengembangan wilayah, dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia, namun juga menjaga kebudayaan bangsa, seni budaya, perkawinan antarsuku dan lainnya,” jelas Conrad dilangsir dari antaranews.com.

Ia menjelaskan bahwa transmigrasi merupakan suatu hal yang tepat untuk menyatukan Indonesia. dan diharapkan PATRI Lampung mampu menjadi mitra strategis pemerintah daerah. Untuk itu, diperlukan penguatan berbagai program, pengembangan jejaring, serta konsolidasi yang harus menjadi prioritas.

Ketua Wilayah Barat DPP PATRI, Sarmoeji, menjelaskan PATRI merupakan organisasi mitra strategis Pemerintah Provinsi Lampung.

Ia mengharapkan, PATRI dapat menguatkan silaturahmi keluarga transmigran untuk membangun daerah serta berkontribusi dan beker jasama dengan pemerintah daerah dalam pembangunan ekonomi serta sosial budaya di Provinsi Lampung. (Ant/ist/*)