Gubenur Lampung : Wayang Bukan Sekedar Tontanan Namun Bisa Menjadi Tuntunan

0
225

Bandarlampung (Dutalampung Online )-Gubernur Lampung, Ridho Ficardo, yang diwakili oleh Staf Akhli Bidang Pembangunan Pemprov Lampung, mengatakan wayang merupakan budaya yang bukan hanya sekedar tontonan namun bisa menjadi tuntunan.

Demikian disampaikan oleh Gubenur Lampung, pada acara pembukaan Muhibah Budaya Provinsi DIY sekaligus dalam rangka HUT ke 52 Provinsi Lampung, dengan mengelar wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Gatot Kaca Kalajaya, dalang yang dimainkan oleh, Ki Gilang Thomas Kumoro, Ki Utoro Wijayanto dan Ki Giyatno, Sabtu malam (23/4).

Gubenur mengatakan, wayang tidak hanya budaya milik orang jawa namun sudah menjadi milik dunia. Selainitu, Wayang juga tidak hanya sebagai tontonan namun juga tuntunan karena didalam ceritanya mengandung falsafah kehidupan sehari hari, kepemimpinan, politik bahkan agama.

“Di Lampung sekarang ini masih berbenah utamanya bidang insfrastruktur, pertanian, pariwisata dansebagainya yang bertujuan untuk kesejahteraan serta untuk menuju masyarakat Lampung yang maju dan sejahtera,”tegas Gubenur Lampung.(Rita Hayati).