Gisting Kota Eropa di Indonesia

0
1501
Gisting Kota Eropa di Indonesia

TANGGAMUS, (Duta Lampung Online) – Wisata merupakan salah satu kebutuhan bagi masyarakat, saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan destinasi wisatanya.

Foto: Midus Omda IPB
Foto: Midus Omda IPB

Tanggamus adalah salah satu tujuan destinasi wisatawan baik wisatawan domentik maupun mancanegara. Gisting merupakan sebuah Kota Kecil yang berada 47 Km barat Kota Pringsewu dan masuk kedalam wilayah administrasi Kabupaten Tanggamus.

Gisting menjadi wilayah dengan penduduk terpadat di Kabupaten Tanggamus. Luas wilayah Gisting sebesar 32,53 Km2dengan jumlah penduduk sebesar 38.862 Jiwa (BPS Kabupaten Tanggamus 2016) dan termasuk dalam klasifikasi Kota Kecil.

Gisting memiliki 9 Kelurahan meliputi, Gisting Atas, Gisting Bawah, Purwodadi,  Kuta Dalom, Banjarmanis, Campang, Sidokaton, Landbaw, serta Gisting Permai, dengan jumlah penduduk terpadat berada di Gisting Atas. Gisting berada di ketinggian berkisar 700 Mdpl, dengan suhu harian berkisar 18 sampai 28 Derajat Celcius.

Foto: Midus Omda IPB
Foto: Midus Omda IPB

Gisting adalah daerah sentra utama sayur-sayuran baik didistribusikan di dalam kabupaten, antar kabupaten, juga di pasok ke Pasar Induk Kramatjati Jakarta. Hasil produksi sayuran meliputi, Bawang Merah, Cabai Besar, Cabai Rawit, Kentang, Kubis, Sawi, Petsai, Wortel, Bawang Daun, Caisim, Kol, Jagung, Ubi Jalar, dan masih banyak lainnya. Pasar Sayuran Gisting merupakan Pasar Sayur Terbesar di Wilayah Provinsi. Komoditas sayuran tersebut merupakan komoditas andalan dan menjadi salah satu icon kota tersebut.

Foto: Midus Omda IPB
Foto: Midus Omda IPB

Masyarakat Gisting didominasi oleh suku Jawa, Lampung, serta Padang. Gisting pertama kali dibuka pada tahun 1932 oleh sekelompok orang swasta Belanda yang tergabung dalan “Indo Eerropeesche Vereniging” atau “Perkumpulan Orang-orang Indonesia dari Keturunan Eropa”. Mereka mendapat izin/konsesi tanah dari pemerintahan Hindia Belanda dan mungkin juga kredit Bank untuk membuka perkebunan kopi di Gisting ini.

Nama Gisting konon di ambil dari nama sebuah kota kecil/desa di perbatasan Belanda dan Jerman. Sebagian dari nama tuan-tuan pemilik kebun masih melekat sebagai nama-nama tempat di Gisting sekarang ini seperti blok Grim, Dusun Bruikmeyer, Desa Landsbouw (kantor konsultan perkebunan), nama orang seperti tuan Khloer, Pak De Youngg, dll.  (Midus Omda IPB)