Galian C Illegal Baleadi Kembali Marak

0
8

Pati, ( Duta Lampung Online)- Maraknya Kembali Galian C beroperasi di kawasan Pegunungan Kendeng turut Desa Baleadi, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah hingga saat ini Seolah Kebal aturan, bebas beroperasi Galian Batuan Kars dan Batu Putih , yang diduga kuat tidak/belum mengantongi izin lengkap.

Data yang di himpun para media bahwa Kegiatan Illegal tersebut mulai aktif operasi pada bulan sekira awal 4/2022, lalu pihak ESDM (Energi Sumber Daya Mineral) Balai Kendeng Konservasi, sudah pernah mendatangi lokasi pertambangan tersebut atas dasar laporan masyarakat, namun tak ada tindakan .

Waktu itu, LBH (Lembaga Bantuan Hukum) “Mabadi” Kota Semarang Bambang Riyanto dan juga Aktifis Lingkungan Hidup, namun diduga tidak jelas penangananya, faktanya hingga saat ini lokasi galian tersebut masih tetap bebas beroperasi.

Galian C juga sempat di singgung saat Pers Rilis Mafia Solar di Pati oleh Mabes Polri pada pekan lalu, termasuk akan menertibkan Galian C di wilayah Kabupaten Pati adanya dugaan Solar Subsidi yang dipakai untuk alat berat pada Galian C tersebut.

Tidak berhenti disitu saja, Galian C itu diduga banyak merugikan berbagai kalangan diantaranya, cepatnya kerusakan jalan yang di lalui oleh muatan matrial yang diduga pihak PT selaku pengelola untuk bertanggung jawab dalam membayar pajak daerah, dengan alasan perijinan belum lengkap.

Hingga berita ini diterbitkan, tim awak media belum Konfirmasi atau Klarifikasi ke ESDM balai Kendeng guna mendapatkan informasi lebih lanjut terkait penanganannya pada beberapa waktu yang lalu. (Sholihul)