Gajah Way Kambas Meriahkan Kirab Obor Asian Games

0
39
Seorang pawang mengawasi induk gajah betina bersama bayinya yang baru lahir di Way Kambas, Lampung Timur. Gajah Way Kambas akan meriahkan kirab obor Asian Games./ IST

LAMPUNG TIMUR, (DUTA LAMPUNG ONLINE) – Gajah jinak dari Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur, siap meramaikan kirab api obor Asian Games 2018 pada 8 Agustus mendatang.Partisipasi dua ekor gajah Way Kambas tersebut sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Sudah disetujui oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dikirim dua ekor gajah jinak,” kata Kepala Balai TNWK, Subakir, di Lampung Timur, dilansir Antara.Kendati demikian, TNWK hingga saat ini belum memutuskan gajah yang berpartisipasi. Keputusannya nanti akan diambil setelah ada rekomendasi dari dokter hewan di Rumah Sakit Gajah TNWK, drh Diah Esti Anggraini.”Saya belum tahu gajah yang mana, dokternya yang menentukan nantinya,” ujar Subakir.

Partisipasi gajay way kambas melanjutkan keunikan pada kirab obor Asian Games kali ini. Panitia dan pemerintah setempat sebelumnya sudah menggunakan keistimewaan lokal ketika api mengunjungi daerah mereka.Api diseberangkan menggunakan kapal pinisi ketika berada di Sulawesi Selatan. Sedangkan di Raja Ampat api diarak dengan cara berenang.Kirab obor Asian Games dimulai pada 19 Juli lalu di Yogyakarta dan berakhir di Jakarta pada 15 Agustus. (adv)