Gabung di Universitas Muhammadiyah Lampung, Banyak Program Beasiswa yang Ditawarkan untuk Mahasiswa Baru

0
13

Bandar Lampung, (Duta Lampung Online)- Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) masih membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang 1 hingga 31 Maret mendatang. Bagi calon mahasiswa yang mendaftarkan digelombang satu ini, banyak beasiswa menanti.

Hal ini disampaikan Rektor UML Dr. Dalman, M.Pd. Selasa (9/2). “Di pendaftaran gelombang satu ini, kami memberikan banyak beasiswa bagi masyarakat Lampung dan Indonesia untuk ambil peluang ini segera. Potongan SPP mulai 25% hingga 100%, misalnya 100% jadi Hafizh Al-Qur’an 30 jus, atau berprestasi tingkat nasional juga kita bebas biaya,” terang Dalman.

Ada juga beasiswa bentuk kepedulian UML di tengah pandemi Covid-19, di mana mahasiswa hanya membayarkan Rp625 ribu per semester untuk SPPnya, meskipun, akan ada persyaratan nya. “Ini tidak semua jurusan, namun untuk prodi sastra Inggris, perbankan syariah, pendidikan matematika, pendidikan bahasa Indonesia dan pendidikan bahasa Inggris. Hanya ada di gelombang satu ini,” terangnya.

Adapula Beasiswa untuk perangkat kelurahan, desa dan RT. Jadi setiap desa kami kasih kesempatan 3 orang untuk bisa mengambil salah satu prodi nntinya ada potongan berbeda.

Selain itu, untuk beasiswa dengan potongan SPP sebesar 75% bagi calon mahasiswa yang mendaftarkan diri ke program studi (prodi) perbankan syariah, ekonomi syariah, pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan bahasa Inggris, sastra Inggris dan pendidikan matematika. “Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa yang mendaftar di jurusan tersebut,” jelas Dalman.

Kemudian juga ada program beasiswa potong SPP sebesar 50%. Khusus untuk prodi perbankan syariah, ekonomi syariah, pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan bahasa Inggris, sastra Inggris, pendidikan matematika, dan pendidikan agama islam.

Kemudian beasiswa potong SPP sebesar 30%. Program ini khusus untuk prodi psikologi, ilmu pemerintahan, ilmu komunikasi, dan teknik elektro. “Untuk prodi pendidikan agama islam, perbankan syariah, ekonomi syariah, pendidikan luar biasa, pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan bahasa Inggris, sastra Inggris, dan pendidikan matematika, juga bisa dengan beasiswa ini,” tambahnya.

Kemudian UML juga membuka beasiswa bagi anak panti asuhan dengan beasiswa potong SPP sebesar 50% semua jurusan. “Untuk Takmir masjid, atau pengurus masjid juga mendapatkan beasiswa potong SPP 50%, berlaku untuk jurusan pendidikan agama Islam, perbankan syariah, ekonomi syariah, pendidikan bahssa Indonesia, bahasa Inggris, sastra inggris dan pendidikan matematika,” lanjutnya.

Adapula beasiswa bebas biaya SPP selama 8 semester, berlaku untuk semua jurusan yang ada di UML, dengan kategori pertama memiliki prestasi akademik nasional, prestasi non akademik nasional, dan hafidz Al-Qur’an 30 juz.

“Jadi masing-masing kategori harus menunjukkan bukti, misalnya kalau dia pernah ikut lomba tingkat nasional. Ya itu ditunjukan dengan bukti piagam, piala dan lainnya. Sementara untuk hafidz Al-Quran akan di tes dari fakultas pendidikan islam,” tambahnya.

Dalman menjelaskan, UML yang memasuki usia ke 34 tahun ini menjadi bukti eksistensi UML dan tidak perlu diragukan lagi. Belum lagi akreditasi B yang juga disematkan ke UML menjadi nilai tersendiri.

“Usia UML kini sudah 34 tahun, artinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi akreditasi nya sudah B, maka kami mengajak masyarakat di Indonesia uruk masuk kuliaj di UML enterpreneur Kampus, kampusnya pengusaha. Kami ingin mencetak mahasiswa yang nanti tidak memganggur. Jadi lulus nanti insya Allah kerja, sehingga nantinya akan ada program enterpreneur untuk mendukung mereka dalam dunia usaha,” tambahnya.

Belum lagi, di UML ada 12 prodi yang banyak sekali memiliki keunggulan. Seperti prodi psikologi terbaik di Sumatera, akreditasi B. Kemudian ada prodi teknik elektro, di mana satu-satunya di Lampung memiliki arus kuat.

“Kalau anak muda bilangnya PLN banget. Tidak ada menganggur banyak perusahaan menawarkan pekerjaan. Ketiga ada Ilmu Pemerintahan, di mana jadi satu-satunya PTS adanya di UML ini akreditasi B bahkan dapat hibah merdeka belajar kampus merdeka,” tambahnya.

Selain itu juga ada juga prodi Ilmu Komunikasi, sudah akreditasi B dan juga sudah dapat hibah merdeka belajar kampus merdeka. Kami ada prodi ekonomi syariah, akreditasi b juga ini kalau mau jadi pengusaha dan kerja di perusahaan bisa ambil prodi ini. Perbankan syariah, ada pendidikan agama Islam, prodi pendidikan luar biasa satu-satunya di Lampung bahkan Lamsel ini lulusan nya untuk anak-anak berkebutuhan khusus, guru SLB. Banyak peluang bahkan se Indonesia. Pendidikan matematika, pendidikan bahasa Indonesia dengan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Pendidikan bahasa Inggris, sastra Inggris.

“Maka jangan ragu untuk gabung bersama UML,” tandasnya (Bastian – Humas)