Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) Kabupaten Way Kanan Telah Dibentuk

0
2

Lampung, (DUTA LAMPUNG Online) Kamis 30/6/2022.
Bertempat di Hotel Grand Sinar, Jalan. Lintas Sumatera Kampung Bumiratu, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan Pukul 10.30 WIB. Puluhan pengelola perpustakaan dan TBM (Taman Baca Masyarakat) se – Kabupaten Way Kanan berkumpul untuk mengikuti gelaran acara musyawarah daerah pembentukan Forum TBM Way Kanan. Rabu (29/06).

Musda Forum TBM Way Kanan dihadiri oleh anggota Pengurus Wilayah Ridho Budianto, S.Pd, Ketua Forum TBM Provinsi Lampung, Febri Ariansyah, S.Pd. Turut disaksikan pula oleh perwakilan Dinas Perpustakaan Way Kanan, Ahmad Khoirudin, serta Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Desi Ari Pressanti, S.S., M.Hum. Proses Pelaksanaan berlangsung kondusif, sembari didampingi Ketua Forum TBM Lampung yang memberikan Dukungan serta arahan mengenai Tantangan Kedepan.

“Forum TBM menjadi mitra strategis pemerintah dalam memajukan literasi, dan juga perubahan sosial masyarakat. Saya mengucapkan selamat dan sukses dalam menjalankan program sampai 5 tahun mendatang” Ucap Febri Ariansyah, S.Pd. dalam sambutanya.

Dalam prosesi sidang pleno, secara aklamasi menetapkan Eko Prasetyo Ketua Pengurus Daerah Forum TBM Kabupaten Way Kanan, Ridhoin, S.Pd. sebagai sekretaris dan Ervin Wijayanti, S.Pd.I. sebagai bendahara dengan masa jabatan periode 2022-2027.

Dalam sambutannya, Eko Prasetyo mengajak kepada para pelaku dan pegiat komunitas baca agar dapat bekerjasama dan saling berkontribusi untuk pengembangan literasi.

“Literasi ini perlu dukungan dari berbagai pihak agar dampak yang dihasilkan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat dan anak-anak. Mari saling bergandeng tangan, saling menguatkan dan saling berkolaborasi di forum TBM ini” pungkas Eko Prasetyo.

Ketua Pelaksana Musda, Akhmad Suprianto mengatakan bahwa tujuan dilaksakan musda yakni untuk membentuk dan menyusun perkumpulan organisasi bagi para pengelola atau pegiat literasi.
“Forum TBM adalah tempat berkumpulnya para pengelola dan pegiat literasi dalam wadah organisasi yg terstruktur mulai dari pusat hingga daerah. Musda dilaksanakan untuk membentuk kepengurusan Forum TBM untuk mempermudah koordinasi dan konsolidasi kegiatan para pegiat literasi,” ujar Akhmad.

Sedangkan Menurut Ridho Budianto, S.Pd. mengatakan Bahwa “Dengan terbentuknya PD Kabupaten Way Kanan, besar harapan saya giat literasi di way kanan lebih berkembang dan meluas sehingga manfaat daripada literasi itu sendiri bisa dirasakan seluruh masyarakat di kabupaten way kanan,” ucapnya
(TAUFAN.JN/adi)