Festival Biroe UKM Kombir Darmajaya Berlangsung Sukses

0
0

BANDAR LAMPUNG –– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunitas Biroe (Kombir) sukses menggelar Festival Biroe Season II di kampus setempat, 12-13 Mei lalu. Mengusung tema Act like a champion be a champion, kegiatan ini diikuti 29 tim pada empat perlombaan yakni lomba musikalisasi puisi, kabaret, tari kreasi tradisional, dan modern dance tingkat umum se-Lampung.

Lomba musikalisasi puisi akhirnya dimenangkan tim Capung sebagai juara I, tim Laskar Hijau Panjang Bandar Lampung sebagai juara II, dan juara III diraih tim Sangsaka Metro. Untuk lomba kabaret, tim Teater Temu berhasil meraih juara I, juara II diraih SMPN 8 Bandar Lampung, dan SMAN 11 Bandar Lampung sebagai juara III.

Kemudian lomba tari kreasi tradisional dimenangkan tim Bunga Mayang 2 sebagai juara I, juara II diraih tim Sangsaka, dan tim Sasana Budaya sebagai juara III. Sementara itu, lomba modern dance, tim RNT sukses menjadi juara I, diikuti tim SMA Fransiskus Bandar Lampung sebagai juara II, dan juara III diraih tim Bysaad.

Ketua pelaksana, Heri Setiawan mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dies natalis ke-19 Darmajaya. Berbeda dari tahun lalu, lanjutnya, Festival Biroe kali ini menambah dua perlombaan baru, yakni musikalisasi puisi dan tari kreasi tradisional.

“Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan menjadi ajang prestasi dalam meningkatkan kreativitas peserta. Kami berharapkan generasi muda termotivasi untuk ikut melestarikan kesenian dan kebudayaan tradisional Indonesia. Semoga acara ini juga bisa menumbuhkan minat masyarakat dibidang kesenian tradisional ditengah era modern ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., MM mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Ia juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba.

“Selamat untuk para juara, dan jangan berkecil hati untuk peserta yang belum menang. Jadikan kompetisi ini sebagai proses pembelajaran dan pengalaman berharga untuk menjadi lebih baik,” ujarnya.

Menurut Muprihan prestasi tak hanya bisa diraih di bidang akademik, tetapi juga di bidang nonakademik. Karena itu, Darmajaya senantiasa mendukung dan memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan minat bakatnya baik di bidang olahraga, kesenian, dan lainnya melalui beragam organisasi kemahasiswaan yang tersedia.

Dia mengungkapkan Darmajaya juga menyediakan banyak beasiswa untuk para mahasiswa dan calon mahasiswa yang memiliki prestasi baik di bidang akademik dan nonakademik. Untuk itu, ia mengimbau peserta dan mahasiswa bersemangat meraih prestasi sehingga menjadi generasi-generasi muda yang membanggakan daerah dan bangsa.

“Semoga seluruh peserta semakin termotivasi untuk terus berlatih dan bisa meraih prestasi di ajang selanjutnya, bahkan bisa mampu mengharumkan kesenian Lampung di kancah nasional dan internasional di masa mendatanga,” harapnya(LPc).