Empat Cabup Petahana Masih Diatas Angin

0
402

BANDAR LAMPUNG, (Duta Lampung Online) – Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Lampung yang bakal digelar pada Februari 2017 akan datang, bakal diikuti oleh lima kabupaten, diantaranya Pringsewu, Tulangbawang Barat, Tulang Bawang, Mesuji dan Lampung Barat.

Empat kabupaten diantaranya diikuti oleh calon petahana seperti Sujadi (Pringsewu), Umar Ahmad (Tulangbawang Barat), Hanan A Razak (Tulang Bawang) dan Khamami (Mesuji). Diantara para calon yang baru muncul ternyata Track Record petahana masih cukup didambakan oleh masyarakat setempat untuk melanjutkan pembangunan diwilayah tersebut.

Dalam posisi yang demikian, sepertinya bagi calon lain akan sulit untuk mengubah pendirian masyarakat karena pada dasarnya masyarakat awam hanya berpatokan kepada bukti-bukti hasil pembangunan yang telah dicapai. Kepercayaan masyarakat mungkin akan sulit dirubah hanya dengan propaganda program kerja, tanpa melihat bukti sebelumnya.

Hingga berita ini diturunkan, empat calon petahana yang maju pada Pilkada 2017 mendatang, masih mendapat dukungan kuat dari sejumlah partai. Bahkan untuk Kabupaten Tulang Bawang barat (Tubaba), calon petahana dinyatakan tidak ada lawan alias calon tunggal.

Hal senada juga dialami di Kabupaten Mesuji. Calon petahana di kabupaten setempat, Khamamik masih menjadi calon terkuat didaerah tersebut, pasalnya peta politik yang ada berubah. Pasangan calon Ismail Ishak dan Iskandar Maliki yang tadinya digadang-gadangkan oleh masyarakat didukung oleh partai PDIP namun dipastikan tidak maju Pilkada karena tidak mendapat dukungan partai.

Begitu juga Pilkada yang ada di Kabupaten Tulang Bawang, calon petahana Hanan A Razak dan Heri Wardoyo juga dinyatakan masih di atas angin. Sejumlah kalangan birokrasi maupun masyarakat masih kuat mendukung pasangan tersebut.

Apa lagi popularitas pasangan Hanan dan Heri Wardoyo masih mengalahkan calon yang menjadi pesaingnya. Didukung dengan sejumlah partai besar bisa dipastikan Hanan dan Heri memenangkan Pilkada Tulang Bawang.

Terpisah Pilkada di Kabupaten Pringsewu, meski sejumlah pesaing calon petahana Sujadi terbilang kuat dan didukung oleh sejumlah partai besar, namun calon pesaingnya masih terbilang seremonial. Masyarakat belum sepenuhnya mengenal calon pesaing Sujadi yang saat ini masih menjabat bupati setempat.

Untuk Kabupaten Lampung Barat, walaupun Bupati Mukhlis Basri tidak mencalonkan diri, akan tetapi dari para calon yang telah ditetapkan oleh KPUD setempat, ternyata Parosil Mabsus yang diusung oleh PDI P, Golkar dan PAN ini juga ternyata didukung oleh tiga partai lainnya seperti PKPI, PBB dan Perindo ini sepertinya bakal meraup dukungan terbanyak dibanding calon lainnya. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here