Dugaan Korupsi Disdik Tubabar Tahun 2013, Pengadaan Laboratorium SMK Sejumlah Rp2,4 M Diduga Dikorupsi

0
181
Foto Ilustrasi Kantor Bupati Tubabar

Tualng Bawang Barat ( Duta Lampung Online)-Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Barat, pada Tahun 2013 lalu, menganggarkan belanja modal sebesar Rp23,3 Miliar, dengan realisasi sejumlah Rp22,8 miliar lebih, atau 97,84% dari pagu anggaran yang ada.

Adapun realisasi tersebut, diantaranya untuk pengadaan peralatan laboratorium SMK lokasi tersebar di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang dilaksanakan oleh CV ASB, dengan kontrak Nomor 800/04/K.SMK/II.01/TBB/V/2013 Tanggal 07 November 2013, sejumlah Rp2,4 Miliar lebih.

Jangka waktu pelaksanaan proyek tersebut yakni, 40 hari kalender. Berdasarkan sumber berita hasil pemeriksaan fisik secara uji petik pada tiga sekolah diketahui terdapat beberapa peralatan laboratorium fisika, kimia, IPA yang tidak dapat ditunjukkan keberadaannya oleh pihak sekolah alias diguga fiktif.

Berdasarkan keterangan pihak sekolah, hal tersebut terjadi karena pada saat serah terima barang dari pihak penyedia jasa kepada sekolah  diduga tidak ada. Nilai peralatan laboratorium yang tidak dapat ditunjukkan pada saat pemeriksaan fisik diperkirakan mencapai puluhan juta setiap sekolah. Kasus ini akan diungkap lebih mendalam pada edisi mendatang.(*).