Dua Ketua KPU Kabupaten Daftar Komisioner Provinsi

0
29

Bandarlampung (Duta Lampung Online)– Seleksi komisioner KPU Provinsi Lampung banyak diminati komisioner KPU Kabupaten/Kota. Pasalnya, petahana KPU Provinsi yang jelas tidak maju lagi diperkirakan sekitar 3.

Oleh karena itu kesempatan itu masih terbuka lebar. Berbekal pengalaman dua periode menjabat, dua Ketua KPU kabupaten optimis terpilih dalam seleksi calon anggota KPU Provinsi Lampung.Keduanya yakni A. Andoyo (Ketua KPU Pringsewu) dan Marthon (Ketua KPU Lampung Utara).

Mereka telah menyerahkan berkas pendaftaran ke tim seleksi (Timsel) KPU Lampung pada Senin (29/7/2019) kemarin.Saat dikonfirmasi, A. Andoyo mengatakan, dia mendaftarkan diri sebagai calon anggota KPU Provinsi Lampung periode 2019-2024 bersama Anggota KPU Pringsewu Warsito pada Senin (29/7/2019) kemarin.

Keduanya merupakan komisoner KPU Pringsewu yang sudah menjabat dua periode. Andoyo menyebutkan, niatannya untuk kembali mendaftarkan diri sebagai calon komisioner KPU dilatar belakangi beberapa hal.

“Saya ingin mengapdikan diri lebih luas lagi, bukan hanya di kabupaten tapi di provinsi,” ungkap Andoyo, via whatsappnya, Selasa (30/7/2019).Keinginannya kembali di dunia penyelenggara pemilu, ingin menjaga pemilu yang berintegritas.”Dengan pemilu yang berintegritas diharapkan Lampung akan menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang  berkualitas,” ucapnya.

Saat ini, mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pringsewu inisudah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi serangkaian proses seleksi.

“Persiapan pertama adalah pengalaman yang ada, tetapi saya tetap belajar, membedah lagi undang-undang tentang demokrasi dan undang-undang kepemiluan,” jelasnya.

Dengan pengalamannya dua periode menjabat Ketua KPU Pringsewu, Andoyo optimis dapat terpilih sebagai komisioner KPU Provinsi Lampung untuk periode 2019-2024

.”Optimis harus. Tapi tetap saya mohon doa kepada kepada rekan-rekan, terutama rekan-rekan jurnalis. Rekan-rekan jurnalis ini yang turut serta mengontrol suksesnya pemilu,” pujinya.

Terpisah, Ketua KPU Lampung Utara Marthon mengatakan, ada beberapa motifasi yang mendorongnya maju dalam seleksi KPU Provinsi Lampung.

“Pertama menjadi penyelenggara pemilu itu adalah bidang yang saya geluti selama ini. Sementara saya sudah dua periode (di KPU Lampura) sehingga tidak bisa mendaftar lagi untuk KPU kabupaten. Maka saya mendaftarkan diri di provinsi,” jelasnya.

Marthon meyakini, bekalnya selama dua periode memimpin KPU Lampura dapat menghantarkannya untuk terpilih sebagai Komisoner KPU Provinsi Lampung.

“Insyaallah terpilih. Sebab modal dua periode di kabupaten saya rasa akan sangat berguna saat berlangsungnya proses seleksi ini,” ungkapnya.

Soal persiapan khusus menghadapi seleksi, dia mengaku belum ada.

“Sampai sekarang saya belum buka materi yang bakal jadi kisi-kisi, tapi mau tidak mau saya harus mempelajarinya,” tutupnya.(Rl)