Akhmad Muqowa : Pemekaran Seputih Barat dan Timur Sudah Memenuhi Syarat

0
706

Lampungtengah ( Duta Lampung Online)-Ketua Komite I DPD RI Akhmad Muqowa, lakukan peninjauan calon Daerah Persiapan (DP) Kabupaten Seputih Barat, pada Minggu (25/9/2016).

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Komite I DPD RI, Akhmad Moqowa didampingi oleh Asisten Bidang Pemerintahan Lampung Tengah A.Ashar dan Kasubag Bina Otda pada Biro Otda Setdaprov Lampung Dorda.

Selain itu nturut hadir anggota DPD RI yakni, Abdul Qadir Amir Hartono, Rijal Sirait, Muhammad Mawardi, Ahmad Subadri, serta Anggota DPD RI asal Lampung Syarif juga staf ahli Toni Mardiansyah juga staf sekretariat Komite I DPD RI.

Kedatangan rombongan di lokasi pusat pemerintahan disambut antusias oleh masyarakat dan tokoh masyarakat dan Camat Padang Ratu.

Kabag Bina Otda Biro Otda Setdaprov Lampung Dorda mengatakan, usulan pemekaran dua calon DP Kabupaten Suputih Barat dan Seputih Timur sudah sejak tahun 2013  yakni dengan Surat Bupati Lampung Tengah Nomor 130/0739/01/2013 Tgl 23 Desember 2013 namun persyaratan administrasi belum lengkap. Setelah berkas administrasi lengkap maka Gubernur Lampung dan DPRD Provinsi Lampung menerbitkan Surat Persetujuan Bersama Nomor : G/498.aB.II/HK/2015 dan Nomor 160/1092/12.01/ 2015 Tanggal 19 Oktober 2015. Selanjutnya Bupati Lampung Tengah mengusulkan DOB tersebut ke Menteri Dalam Negri pada tanggal 11 November 2015.

“Alhamdulilah hari ini Komite I DPD RI berkenan meninjau kelokasi, insyaaloh dapat mengusulkan untuk segera dibahas dan ditetapkan menjadi DOB Kabupaten mengingat dua daerah  tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat” katanya.

Dorda menjelaskan, calon DP Kabupaten Seputih Barat dengan luas wilayah 1.353,21 Km2 yang terdiri dari 8 Kecamatan yaitu, Kecamatan Padang ratu, Pubian, Anak Tuha, Anak Ratu, Aji, Selagai Lingga, Bangun Rejo, Kali Rejo, dan Sendang Agung.

“Ibu Kota Kabupaten di Padang Ratu dengan luas 47,96Ha yang merupakan hibah murni dari masyarakat,”ungkapnya.

Dorda juga mengatakan untuk calon DP Kabupaten Seputih Timur terdiri dari 8 Kecamatan dengan luas  1.876,08 Km2 diantaranya yakni, Kecamatan Bumi Nabung,Way Seputih, Seputih Banyak, Seputih Surabaya, Bandar Surabaya, Bandar Mataram, Rumbia, dan Putra Rumbia

“Direncanakan Ibu Kota DP Kabupaten Seputih Timur di Bumi Nabung dengan luas 10,6 Ha yang merupakan hibah murni masyarakat setempat. Disamping itu masyarakat Rumbia juga menghibahkan tanahnya seluas 24 Ha,”ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Komite I DPD RI, Akhmad Muqowa, sangat menghargai keseriusan masyarakat dan Pemkab Lampung Tengah serta Pemprov Lampung beserta DPRD dalam pembentukan kabupaten.

“Oleh karena itu Komite I DPD RI berkomitmen untuk mewujudkan karena memang secara administrasi dan fisik di lapangan calon Kabupaten Seputih Barat telah siap dan lengkap,”tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here