DPD RI ANDI SURYA : Pertumbuhan Ekonomi Lampung Rendah.

0
119
( foto istimewa)
Bandar Lampung(DLO)- Anggota DPD RI Andi Surya mengatakan pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung dinilai paling rendah diantara  Provinsi lain yang berada  Sumatera .  bahkan Lampung  lebih rendah dari Bengkulu, Sumsel, Babel, Sumbar, dan Sumut .

Berdasarkan Data Bank Indonesia, Senin (11/9), Pertumbuhan ekonomi Lampung adalah 5.03 persen. Dibandingkan provinsi lain di Sumatera, pertumbuhan Lampung lebih rendah dibanding Bengkulu 5.04 persen.yang di lansir Dari media rmol.com.

Provinsi Sumatera Selatan pertumbuhan ekonominya 5.24 persen, Bangka Belitung 5.36 persen, Sumatera Barat 5.3 persen, Sumatera Utara 5.09 persen, dan dan Provinsi Bengkulu 5.04 persen.

Mantan anggota DPRD Lampung itu mendapatkan data tersebut dari Data Bank Indonesia pada saat diskusi dengan Komite IV DPD RI terkait formulasi RUU APBN 2 di DPR RI, Senin (11/9).

Yang menarik, kata Andi Surya, pertumbuhan ekonomi Lampung lebih rendah dari Bengkulu yg secara teritorial, jumlah penduduk, infrastruktur, pertumbuhan sektor riel, dan iklim investasi Lampung relatif lebih baik dari Bengkulu.

Dibandingkan Sumatera Selatan, pertumbuhan ekonomi Indonesia terpaut negatif cukup jauh, yakni sebesar 0.21perden. Bahkan dengan Bangka Belitung, Lampung tertinggal 0.33 persen dan dengan Sumatera Barat terpaut minus 0.29 persen.

“Pertanyaannya, ada apa dengan pengelolaan ekonomi Lampung? Bagaimana treatment terhadap UMKM, petani, dan sektor riel lainnya?” tanya Andi Surya.(rls)