Disdukcapil Tuba Akan Realisasikan Target Pembuatan Akte Kelahiran

0
8

Menggala- Duta Lampung Online-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang (Tuba), akan berupaya merealisasikan target pembuatan akte kelahiran dari pusat ahir Tahun 2016.

“Alhamdulillah, hingga saat ini, pihak Kami sudah menyelesaikan pembuatan akte kelahiran mencapai 35 persen,”ujar kepala dinas kabupaten setempat,Pirhadi S.H, saat dikonfirmasi diruang kerjanya pada (29/4).

Dengan target yang diberikan dari pusat sekitar 75 persen untuk Kab.Tuba yang harus dicapai per tahunnya. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Disdukcapil Pirhadi,S.H,diruang kerjanya, jumat (29/04).

Pirhadi, mengatakan, untuk memenuhi target dari pemerintah pusat pihaknya akan mengupayakan¬† diahir Tahun 2016. “Salah satu upaya yang sudah kami lakukan melalui kepala bidang yakni, sudah berupaya bekerja sama dengan pihak kepala sekolah yang ada di Kabupaten Tulang Bawang,”ungkapnya.

Menurut Pirhadi, upaya turun kesekolah yang dilakukan oleh pihaknya yaitu, untuk melakukan pendataan para siswa yang belum memiliki akte kelahiran.

“Kenapa sasaran utama disekolah, dikarena usia dari 1-18 tahun itu rata-rata anak yang masih duduk dibangku sekolah,”ujarnya.

Pirhadi menambahkan, untuk kelancaran pendataan pada sekolah yang ada di kabupaten setempat pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan kepala sekolah untuk melakukan pendataan terhadap para siswa melalui dokumen yang dimilkinya seperti, Kartu Keluarga(KK)dan e-KTP.

“Memang selain masyarakat sudah mengerti pentingnya akte kelahiran bagi anaknya akan tetapi justru kami akan terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat agar jumlah anak-anak yang memiliki akte kelahiran setiap tahun meningkat,”tegasnya.

Pirhadi juga menghimbau, kepada seluruh Masyarakat agar disetiap keluarga harus melengkapi dokumen Kependudukan di masing-masing keluarga.

“Tidak ada kata terlambat untuk permasalahan tersebut.Kami dari Disdukcapil adalah pelayan Masyarakat dan siap untuk melayani masyarakat dalam pembuatan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.Jika ada oknum kami yang melakukan pungutan liar saya akan berikan sanksi tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku,”pungkasnya.(Robinsah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here