Dinas PM-PTSP Pesawaran Berikan Diskon Pembuatan IMB 50%

0
230
( foto Ilustrasi)

Pesawaran(DLO)- Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kabupaten Pesawaran mengadakan program diskon 50 persen biaya pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sekretaris Dinas PM-PTSP Pesawaran Singgih, di ruang kerjanya, Selasa (25/7), mengatakan program ini bertujuan mendorong masyarakat setempat membuat IMB.

“Masyarakat Pesawaran masih banyak yang belum membuat IMB. Program diskon ini bertujuan agar masyarakat terdorong melengkapi bangunan atau tempat usahanya dengan IMB,” ujarnya.

Selain itu, pemberian potongan biaya diharapkan menjadi perangsang bagi masyarakat untuk memahami pentingnya membuat IMB.  “Hari ini mungkin masyarakat belum membutuhkan, namun di kemudian hari banyak kebutuhan masyarakat terkait IMB,” tukasnya.

Singgih mencontohkan, IMB adalah awal dari kebutuhan masyarakat baik saat mengurus SIUP dan surat surat lainnya. Jika warga mau membuat SIUP, syarat awalnya harus memiliki IMB. “Saya mengajak seluruh warga pesawaran yang belum membuat IMB agar segera membuatnya, apalagi sekarang lebih ada potongan 50 persen,” urainya.

Program diskon biaya IMB ini hanya berlangsung sampai akhir tahun ini. “Awal tahun depan, berlaku tarif normal IMB. Program diskon ini berakhir pada Desember 2017,” katanya.

Terpisah, Kepala Desa Sukaraja Kecamatan Gedongtataan Rusdi Harun menyambut baik program Dinas PM-PTSP karena meringankan masyarakat mendapatkan IMB.

Karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk segera membuat IMB karena suatu hari akan sangat berguna. Rusdi akan menyosialisasikan program ini kepada masyarakat di kecamatannya. “Saya akan kumpulkan seluruh kepala dusun dan RT agar mensosialisasikan program ini,” ungkapnya.(Rls)