Dinas Pertanian Siapkan 45 Sumur Bor

0
241

TULANGBAWANG (Dutalampung Online)— Dinas Pertanian (Distan) Tulangbawang tahun ini kembali mengadakan kegiatan pembangunan fasilitas sumur bor untuk petani di kabupaten tersebut. “Untuk mengantisipasi kekeringan, akan kami alokasikan di daerah pertanian yang jumlahnya 45 unit, yang didistribusikan ke beberapa kecamatan,” kata Kepala Dinas Pertanian Tulangbawang Nurmansyah, di ruang kerjanya, seperti dilansir Lampost, Kamis (28/7/2016).

Dia juga mengatakan tujuan dibagunnya sumur bor tersebut dalam rangka menanggulangi kemarau yang berkepanjangan, seperti tahun lalu, sehingga membuat petani sawah tadah hujan dan pasang surut tidak susah dalam pengairannya.

Dia juga mengatakan pembangunan sumur bor tersebut akan dibangun di daerah yang wilayahnya mayoritas pertanian sebagai bentuk antisipasi kekeringan pada saat kemarau. Pembanguan 45 sumur bor itu tersebar di tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Rawajitu, Gedungmeneng, Denteteladas, Penawartama, Banjarbaru, Gedungaji, dan Rawapitu.

“Pembangunan 45 titik sumur bor tersebut bersumber dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) APBN yang diperuntukan lahan pertanian sawah tadah hujan dan pasang surut,” kata dia.

Nurmansyah berharap persoalan kemarau bukan menjadi halangan petani dalam bercocok tanam serta mendukung upaya swasembada pangan. Pasalnya, Tulangbawang merupakan salah satu penyumbang beras terbesar di Lampung.

“Dalam peningkatan sektor pertanian sendiri harus diimbangi dengan pengairan yang cukup, saat kemarau para petani kesulitan untuk mengaliri areal persawahannya. Oleh sebab itu, solusi terbaik adalah pembuatan sumur bor,” ujar dia. (lpc)