Desa Tri Rahayu Wakili Kabupaten Pesawaran di Lomba Desa Tingkat Provinsi

0
134
Bupati Pesawaran Dendi Romadhona saat menghadiri penilaian lomba desa di Desa Tri Rahayu Kecamatan Negeri Katon, Senin, 13/8/2018.

Pesawaran (Duta Lampung Online) – Desa Tri Rahayu Kecamatan Negeri Katon mewakili Kabupaten Pesawaran dalam lomba desa tingkat provinsi. Penilaian lomba berlangsung, Senin, 13/8/2018 dan dihadiri Bupati Pesawaran Dendi Romadhona.

Dalam sambutannya Dendi mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Perlombaan Desa Tingkat Provinsi Lampung di Desa Tri Rahayu Kecamatan Negeri Katon. Menurutnya Desa Tri Rahayu menyimpan banyak potensi dan keunggulan sehingga memilihnya sebagai wakil Kabupaten Pesawaran dalam Perlombaan Desa Tingkat Provinsi Lampung tahun 2018.

“Sebagaimana kita pahami, bahwa pemerintah baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah senantiasa menunjukan perhatian terhadap pembangunan desa. Mengingat desa merupakan entitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. Karenanya upaya membangu desa terus dilakukan di Kabupaten Pesawaran,” ungkapnya.

Dia menambahkan, guna mendukung usaha pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan desa khususnya, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah pun telah menetapkan kebijakan, baik dalam bentuk regulasi maupun program/kegiatan yang diarahkan untuk penguatan kelembagaan.

Hal ini sebagai pengungkit motivasi dan pendongkrak swadaya gotong-royong masyarakat desa serta inovasi dan kreatifitas pemerintahan desa dalam pencapaian program pembangunan pedesaan. Oleh karena itu, tentunya kegiatan lomba desa ini merupakan langkah komprehensif secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan, dalam rangka melakukan evaluasi dan pembinaan pemerintahan desa.

Sejalan dengan hal itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Pesawaran secara kontinyu melakukan kegiatan penilaian lomba desa. Lomba desa sendiri pada hakekatnya dimaksudkan untuk menguatkan kerukunan masyarakat, melalui partisipasi, kerjasama serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan desa.

“Keberhasilan yang diraih Desa Tri Rahayu dalam lomba desa tingkat Kabupaten Pesawaran merupakan wujud keberhasilan pemerintahan desa beserta masyarakat. Oleh karenanya, Desa Tri Rahayu Kecamatan Negeri Katon ini, kami pandang layak untuk mewakili Kabupaten Pesawaran, dalam Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018,” imbuh Dendi.

Terpilihnya Desa Tri Rahayu sebagai duta Kabupaten Pesawaran dalam Perlombaan desa Tingkat Provinsi Lampung tidak terlepas dari partisipasi masyarakat yang begitu tinggi dalam membangun desanya. Tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi ini memang menjadi ciri khas dan keunggulan yang ada di Desa Tri Rahayu.

“Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Tri Rahayu yang telah berpartisipasi aktif dalam berbagai program pemerintah, termasuk dalam mempersiapkan perlombaan Desa ini. Melalui kegiatan ini saya harapkan dapat memberi dorongan yang kuat bagi masyarakat Desa Tri Rahayu untuk terus membangun di segala aspek kehidupan yang dilaksanakan secara partisipatif, terencana dan terpadu dengan mengembangkan swadaya,” pungkasnya.(*)