Dekranasda Tanggamus Gelar Rapat Koordinasi Dan Peresmian Sekretariat Baru

0
2

Kotaagung, (Duta Lampung Online) – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menghadiri Rapat Koordinasi dan Reshuffle Pengurus Dekranasda Kabupaten Tanggamus Periode 2018 – 2023 sekaligus meresmikan Kantor Sekretariat Dekranasda Tanggamus yang baru Tahun 2020. Di Aula Gedung PKK Tanggamus. Selasa (15/12/20).

Hadir Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, Ketua Dekranasda Ny. Nuraini Lubis, Ketua TP PKK/ Wakil penasehat Dekranasda Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Para Kepala OPD, serta Jajaran Dekranasda, DWP, GOW Tanggamus.

Bupati Hj. Dewi Handajani, selaku pembina Dekranasda Tanggamus dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, saya ucapkan selamat kepada Pengurus Dekranasda yang baru, semoga mampu mendukung Ketua Dekranasda dalam menjalankan Visi Misi-nya, menjalankan program dan kegiatan Dekranasda, sehingga Dekranasda Kabupaten Tanggamus semakin maju dan berkembang.

Kabupaten Tanggamus masih sangat memerlukan promosi-promosi potensi kerajinan yang dimiliki. Oleh karena itu diharapkan kerjasama promosi antara perajin dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus agar dijalin dengan baik. Perajin harus mau memulai untuk lebih mandiri dalam promosi, tidak hanya menggantungkan dari kegiatan-kegiatan pemerintah. Sinergitas antara Pemerintah Kabupaten, Dekranasda dan perajin diharapkan mampu mengangkat dan mempromosikan kerajinan daerah Tanggamus.

Namun dimasa Pandemi Covid-19 ini, dampaknya sangat terasa bagi para pengrajin yang tergabung dalam UMKM, omset dan pemasaran jauh menurun.

Tentunya Saya selaku Pembina Dekranasda, berharap kepada seluruh Pengurus Dekranasda bersama Ketua Dekranasda harus mampu menjadi  pion-pion penggerak agar produk kerajinan Kabupaten Tanggamus bisa di kenal secara Nasional, untuk itu pengurus dan anggota Dekranasda harus bisa melakukan berbagai terobosan sekaligus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pengrajin, sehingga nantinya dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan daerah yang berbasis  ekonomi kreatif.

Bahkan kalau memungkinkan harus melakukan proteksi terhadap karya-karya pengrajin dengan terus mensosialisakan slogan “mencintai produk dalam negeri” kepada  seluruh masyarakat, agar produk-produk kerajinan masyarakat tidak menjadi “tamu” di daerahnya sendiri.

Bupati juga ucapkan selamat atas telah diresmikannya kantor Sekretariat Dekranasda ini juga sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas industri masyarakat Tanggamus dalam hal kerajinan lokal sehingga produk lokal kita semakin berdaya saing.

Kantor Sekretariat Dekranasda ini dapat sekaligus menjadi galeri pemasaran, yang merupakan asset yang harus dijaga bersama. Saya sangat berharap agar kantor baru ini dapat menjadi motivasi
dalam pembinaan dan mampu mengakomodir hasil kerajinan khas Tanggamus untuk di display dan dipasarkan di galeri Dekranasda ini, Ujarnya”.

Sementara Ketua Dekranasda Ny.Nuraini Hamid Lubis, Menyampaikan untuk diketahui bahwa Pengurus Dekranasda Kabupaten Tanggamus telah dilantik pada tanggal 11 Maret 2019 yang lalu oleh Ibu Ketua Dekranasda Provinsi Lampung. Dan pada hari ini kita bersama-sama menyaksikan Reshuffle atau pergantian kepengurusan Dekranasda Kabupaten Tanggamus Periode 2018 -2023.

Dekranasda adalah organisasi yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM) atau koperasi di tingkat Kabupaten Tanggamus. Mitra kerja Dekranasda Tanggamus adalah Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanggamus.

Tujuan Dekranasda seperti yang tercantum didalam AD/ART adalah untuk Menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa yang ada di daerah serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dalam rangka memperkukuh jati diri budaya bangsa , Menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan sehari hari
masyarakat yang bisa meningkatkan martabat manusia.

Memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan perajin dan peminat dengan mendorong semangat kewiraswastaan mereka, Membantu pemerintah daerah merumuskan kebijaksanaan di bidang industri kerajinan daerah dan program peningkatan kualitas sumber daya manusia, Memperluas pangsa pasar hasil kerajinan.

Demi mencapai tujuan-tujuan tersebut, saya mengharapkan kepada rekan-rekan pengurus yang baru, untuk mari bekerjasama mewujudkan tujuan yangmulia ini, sehingga kesejahteraan dan kemajuan daerah Kabupaten Tanggamus dapat tercapai. Dengan Dekranasda, mari kita bantu Pemerintah Daerah khususnya dalam upaya melaksanakan 55 Program Aksi Bupati dan Wakil Bupati guna mewujudkan visi Kabupaten Tanggamus yaitu Terwujudnya Masyarakat Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera. (Kominfo/Sp)