Debat Perdana Pilkada Way Kanan 2020

0
28
Dokumentasi KPU Calon Bupati Waykanan Juprius dan Adipati sampaikan visi dan misi dalam debat perdana, Rabu 21 Oktober 2020 malam. Debat Perdana Pilkada Way Kanan 2020, Juprius Kedepankan Sektor Industri, Adipati Pelayanan Publik

WAYKANAN, (Duta Lampung Online) – Pasangan calon Bupati Pilkada Way Kanan 2020 ikuti debat publik yang diselenggarakan KPU Kabupaten Way Kanan di Aula Mutiara Almer Homestay Way Kanan, Rabu malam 21 Oktober 2020.

Debat dihadiri oleh pasangan calon nomor urut 1 H Juprius, dan pasangan calon nomor urut 2 H Raden Adipati Surya didampingi Calon Wakil Bupati Drs Ali Rahman.

Pasangan Juprius dan Rina Marlina memiliki visi berupa mengedepankan sektor industri.

Dimana, dia menekankan di tangannya Waykanan akan menjadi lebih baik.

“Saya ingin mendirikan daerah industri bukan dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Ekspor komoditi tentunya akan kita tekankan melalui Waykanan. Nantinya, investor yang akan mendanai dengan kemudahan investasi. Tentunya perizinan akan dipermudah,” kata dia.

Untuk membuat Waykanan Berjaya, sambung Juprius, tentunya harus membuat bagaimana perputaran uang di Waykanan menjadi intens.

Saat ini, menurut dia, investor masih sangat sulit untuk berinvestasi di Waykanan.

Padahal, ini merupakan faktor yang sangat mendukung dalam kemajuan.

“Tentunya saya juga ketua AEKI dan teman-teman tidak hanya tentang ekspor kopi saja. Nanti juga bagaimana meningkatkan hasil pertanian jangan setengah jadi. Agar menjadi nilai tambah. Dengan daerah industri ini, petani akan lebih sejahtera. Proses perputaran uang langsung di Waykanan,” kata dia.

Kemudian untuk visi dan misi dari pasangan Raden Adipati Surya dan Ali Rahman pertama meningkatkan transformasi pemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka pelayanan publik semakin baik.

Tujuannya meningkatkan kualitas birokrasi yang semakin baik.

Meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

Dengan mempertahankan kelestarian hutan, sungai, daerah tangkapan air agar ketersediaan air tetap terjaga dengan baik, meningkatkan kualitas lingkungan hidup merupakan tujuannya.

Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan kompetensi SDM daerah.

Menyiapkan masyarakat mulai dari kehamilan, bayi, anak-anak hingga lanjut usia melalui pelayanan kesehatan, pendidikan, perlindungan anak dan perempuan, meningkatkan kualitas tenaga kerja, memberdayakan masyarakat kurang mampu.

Meningkatkan perekonomian daerah berbasis kawasan yang didukung ketersediaan infrastruktur, mengembangkan kawasan strategis berbasis potensi daerah khususnya sektor pertanian dan perkebunan secara terintegrasi dari hulu dan hilir meliputi industri, perdagangan dan ketersediaan infrastruktur yang memadai, transportasi, telekomunikasi, dan sumberdaya air.

Sementar, Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan didampingi Kordiv Sosdiklih dan Parmas Tri Sudarto mengatakan bahwa debat publik sebagai salah satu tahapan Kampanye dalam Pilkada di Kabupaten Way Kanan.

Debat difasilitasi KPU Kabupaten Way Kanan untuk para pasangan calon dapat menyampaikan kepada warga Way Kanan dan masyarakat luas tentang visi, misi dan program kerja yang ditawarkan.

Debat dilaksanakan dengan mempedomani ketentuan Pasal 59 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2020,  bahwa debat publik hanya dihadiri oleh Pasangan Calon, dua orang perwakilan Bawaslu Kabupaten, empat orang Tim Kampanye pasangan calon, 5 Anggota KPU Kabupaten dengan wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

KPU Way Kanan menanyangkan debat public melalui live streaming Facebook KPU Way Kanan dan live streaming di LampungTV.

Ditambahkan Refki bahwa beberapa tahapan telah berjalan sesuai tahapan, yaitu tahapan pemutakhiran data pemilih, KPU Way Kanan telah melaksanakan tahapan mulai sejak diterimanya DP4 Kemendagri, melakukan sinkronisasi DPT Pemilu 2019 dengan DP4, lalu menyusun daftar pemilih untuk dilakukan pencocokan dan penelitian.

Sebanyak 339.525 data pemilih dilakukan coklit.

Lalu kemudian berdasarkan hasil coklit di lapangan ditetapkan DPS sebanyak 322.824.

KPU mengakomodir tanggapan dari berbagai pihak untuk memperbaiki data DPS yang sudah diumumkan.

Tanggapan dan masukan dari Bawaslu, Tim Kampanye Pasangan Calon dan stake holder harus disertai dengan data autentik dan bukti tertulis berupa nama Pemilih, nomor induk kependudukan, tanggal lahir Pemilih, dan lokasi TPS.

Upaya lain KPU Way Kanan dalam rangka melindungi hak pilih yaitu berkordinasi dengan Dinas Dukcapil untuk mendorong perekaman KTP elektronik serta pembersihan data warga meninggal dunia, juga berkordinasi dengan Lapas Way Kanan mendata warga binaan yang memiliki hak pilih hingga 9 Desember nanti.

Berdasarkan masukan dan tanggapan masyarakat ditetapkan DPT sebanyak 323.068 jiwa.

Upaya peningkatan kualitas demokrasi di tengah pandemic juga menjadi tantangan, mengingat adanya Covid-19 berpotensi menurunkan partisipasi politik masyarakat dalam Pilkada.

Oleh sebab itu KPU Way Kanan telah berupaya melakukan sosialisasi, dialog tatap muka, temu komunitas, dan webinar tentang peningkatan partisipasi politik masyarakat dalam Pilkada.

Melalui sosialisasi KPU meyakinkan bahwa saat 9 Desember nanti, warga aman untuk datang ke TPS, karena petugas KPPS akan difasilitasi APD, TPS dilakukan sterilisasi dengan desinfektan, disediakan sarana cuci tangan, sarung tangan, dan pengecekan suhu tubuh.

Sosialisasi Pilkada juga menjadi tugas melekat oleh badan adhoc di semua tingkatan, didukung stake holder, ormas, OKP, Pers, penggunaan web dan media sosial, pemasangan alat peraga sosialisasi spanduk, banner, billboard, pembuatan poster, flyer, pembuatan jingle Pilkada, serta sosialisasi berdasarkan basis pemilih, seperti pemilih pemula, pemilih perempuan, marginal, komunitas.

Tujuannya meningkatkan perekonomian daerah.

Dilansir Dari Halaman lampung.tribunnews.com