Darsoyo Jabat Camat Padang Cermin

0
309
Darsoyo Jabat Camat Padang Cermin

PADANG CERMIN-| Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Padang Cermin dari pejabat lama, Sukamto kepada pejabat baru Darsoyo, SE.,MM yang berlangsung di Balai Pertemuan Kecamatan Padang Cermin pada Kamis (22/09) berlangsung dengan khidmat.

Hadir dalam acara Sertijab tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Pesawaran, Drs. Heksus, MM, Kepala Badan Kesbangpol Drs. M. Syukur, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Vierdaizy, Uspika Kecamatan Padangcermin, perwakilan dari Brigif-3 Marinir dan Lanal Lampung, Ketua Apdesi Kecamatan Padang Cermin, Maulana beserta para kepala desa dan tokoh masyarakat diwilayah setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Camat lama sukamto menyampaikan, baginya pelaksanaan Sertijab tersebut merupakan kodrat dalam perjalan hidup. Sedangkan, hidup itu merupakan suatu teka-teki yang tidak akan pernah diketahui. Untuk itu, dirinya juga mengucapakn terimakasih kepada para kepala desa dan para tokoh masyarakat yang telah membantu dalam menjalankan tugas selama kurang lebih 21 bulan menjabat sebagai Camat Padang Cermin.

“Sejak tanggal 15 September kemarin (pelantikan,red) garis tangan saya berubah. Dan, dalam kesempatan sertijab ini saya menyampaikan permintaan maaf jika ada kata dan perbuatan saya yang kurang berkenan kepada seluruh masyarakat, khususnya para kepala desa yang berada di Kecamatan Padang Cermin,” ujarnya.

Sementara, Camat Padang Cermin yang baru, Darsoyo juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Padangcermin yang lama, Sukamto yang telah melakukan tugasnya sebagai camat diwilayah setempat dengan baik.

“Selanjutnya, saya mohon dukungan dan bantuan dari semua pihak untuk menjadikan kecamatan Padang Cermin ini menjadi lebih baik lagi. Dan, saya juga berharap ada jalinan koordinasi dengan seluruh kepala desa dan staf kecamatan dan aparatur pemerintahan serta tokoh masyarakat diwilayah ini untuk lebih memajukan kecamatan Padang Cermin,” tegasnya.

Dilain pihak, Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Pesawaran, Drs. Heksus, MM yang menyampaikan sambutann Bupati Pesawaran, H. Dendi Ramadhona K, S.T mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Sukamto atas pengabdiannya selama bertugas sebagai Camat Padang Cermin. Bupati juga mengucapkan selamat bertugas kepada Darsoyo, SE.,MM. yang telah diamanahkan menjadi Camat Padang Cermin.

“Alih tugas atau mutasi pegawai dalam kehidupan organisasi merupakan suatu proses alami sebagai bentuk pembinaan karir kepegawaian serta sebagai sarana penyegaran. Proses ini lumrah terjadi baik di organisasi pemerintah maupun swasta. melalui proses ini, pegawai akan merasakan tantangan dan beban tugas yang berbeda serta memperkaya pengalaman bertugas di lingkungan kerja yang variatif,” ujar Heksus yang membacakan sambutan Bupati Pesawaran.

Dikatakan, peralihan tugas atau mutasi ini tentu telah dipertimbangkan dengan matang serta melalui proses baperjakat dengan berpijak pada aturan kepegawaian yang berlaku. Selain itu, mutasi ini juga mempertimbangkan situasi, kondisi, serta tantangan yang berubah-ubah sehingga harus menyesuaikan dengan dinamika yang berkembang.

“Tantangan yang berubah-ubah, baik bentuk maupun bobotnya di setiap masa menuntut kita untuk senantiasa jeli dalam menentukan sosok yang tepat guna menghadapi tantangan tersebut. Saya percaya akan selalu ada orang yang tepat guna menyelesaikan tantangan di suatu masa. Prinsipnya, orang yang tepat harus ditempatkan pada tempat dan waktu yang tepat, dan dari sudut pandang inilah proses mutasi harus kita lihat,” paparnya.

Selanjutnya, pada kesempatan yang berbahagia ini, Bupati Pesawaran berpesan kepada Camat Padang Cermin yang baru agar segera melakukan komunikasi, koordinasi dengan para kepala desa di lingkungan kecamatan Padang Cermin. Berikan kesan pertama yang menarik, baik di mata bawahan maupun masyarakat umum, dan jangan sampai terjadi miskomunikasi karena hanya akan berakibat tidak baik bagi lingkungan kerja.

“Saya juga meminta Camat Padang Cermin agar senantiasa membangun koordinasi dengan pemerintah kabupaten, baik dalam pemberdayaan masyarakat, penyelenggaraan ketertiban dan ketentraman umum, penerapan dan penegakkan peraturan perundang-undangan, dan hal-hal lainnya,” tegasnya.

Lebih jauh Heksus menyampaikan, kepada istri Camat Bupati berpesan agar dapat mendukung kiprah suami dalam menunaikan tugas-tugasnya serta melanjutkan kiprah Tim Penggerak PKK Kecamatan dalam meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan di Kecamatan Padang Cermin.

“Pandai-pandailah menempatkan diri di tengah masyarakat, terutama dalam menjaga citra dan wibawa TP PKK Kecamatan Padang Cermin. Dan, akhirnya saya mengucapkan selamat bertugas kepada Camat Padang Cermin yang baru, Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Rahmat-nya bagi kita semua,” tutup Heksus mengakhiri sambutan Bupati.

Sebelumnya juga telah dilakukan Sertijab Camat Punduh Pedada, dari Drs  Mursalin, MM kepada Drs. A. Thamrin, M.Pd. Dan Camat Marga Punduh dari Darsoyo, SE.,MM kepada Drs. Edi Sutrisno.(Ismail/rls)

Sumber : Lampung7News.